blank
Salah satu kesenian tradisional yang tampil di acara gelar budaya, Senin (21/10/24). Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Calon Bupati Magelang, Grengseng Pamuji, mengapresiasi penyelanggaraan Gelar Budaya Wira Bawana yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Banjarnegoro, Mertoyudan, Senin (21/10/24). Menurutnya, kegiatan seperti itu sangat penting untuk menjaga kelestarian seni budaya yang ada di Kabupaten Magelang.

“Kita perlu memasang pertahanan budaya yang lebih kokoh di tengah gempuran budaya asing. Agar kebudayaan yang kita miliki tetap lestari dan mampu mengantarkan kehidupan semakin baik,” kata Grengseng saat menghadiri acara di Desa Banjarnegoro tersebut.

Menurutnya, kebudayaan tidak hanya terbatas pada seni pertunjukan saja. Tetapi juga menyangkut banyak hal, termasuk karakter, pranata sosial, serta adat tradisi yang perlu dilestarikan. Hal itu harus dikembangkan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

“Ke depan akan ada ruang, serta wadah bagi pelaku seni budaya, sehingga mereka bisa mengekspresikan seni,” imbuhnya.

Sementara itu panitia kegiatan, Gepeng Nugroho, mengatakan, gelar budaya itu merupakan acara seni budaya yang dilaksanakan oleh Karang Taruna setempat. Sebagai upaya stimulan untuk ruang apresiasi seni budaya di Desa Banjarnegoro. “Yang kami harapkan, acara seperti ini bisa konsisten dan anak remaja di sini bisa terus berkarya,” harapnya.

Di sela-sela acara itu, dia juga menyampaikan, pada gelar budaya tersebut ada 10 kesenian rakyat dari beberapa dusun di Desa Banjarnegoro yang tampil. Pastinya, dia memiliki harapan, dengan adanya kegiatan tersebut bisa memicu warga berproses produktif, produksi, serta kreatif di bidang seni budaya.

Penasihat sekaligus sesepuh warga setempat, Anif Setiawan, mengaku bangga karena para remaja di Desa Banjarnegoro bisa kreatif. Acaranya meriah dan megah. Menurutnya, itu sebagai upaya pelestarian budaya yang adiluhung (mulia).

Masyarakat memiliki kewajiban untuk melestarikan budaya yang diwariskan para leluhur. Karena dapat mengantarkan pada kehidupan yang guyub rukun. “Dengan kehadiran Calon Bupati Magelang, Grengseng Pamuji, ini menambah semangat Karang Taruna desa kami untuk terus berkarya dalam seni budaya,” harapnya.

Eko Priyono