Para tokoh lintas agama, bersama Kapolres AKBP Jarot Sungkowo, Dandim O728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono dan Bupati Joko Sutopo (kedua, ketiga dan keempat dari kiri), berkomitmen mewujudkan Pilkada aman dan damai.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres bersama Pemkab Wonogiri dan para pihak terkait, Senin (14/10/24), menggelar acara doa bersama lintas agama. Tujuannya, untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, agar aman dan damai,

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, gelar doa bersama lintas agama dilaksanakan di Pendapa Kabupaten Wonogiri. Ini untuk memohon keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa, agar Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Wonogiri dan di seluruh Indonesia, berlangsung dengan aman, damai dan sukses.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo, dalam sambutannya menyatakan, betapa pentingnya melakukan doa bersama, mengingat potensi kerawanan kerap menyertai setiap kegiatan Pemilu.

Kata Kapolres, Polri bersama TNI dan pihak terkait, akan terus memantau potensi-potensi kerawanan, penyebaran isu-isu yang berpotensi memecah belah, serta hoax dan ujaran kebencian. Ditegaskan, keberhasilan pengamanan Pemilu sangat bergantung pada peran serta aktif masyarakat.

“Kami berkomitmen TNI-Polri netral, dan siap untuk mengamankan Pemilu Serentak 2024. Namun, tanpa dukungan dari masyarakat untuk menjaga ketertiban, upaya ini tentunya akan sulit terwujud.” tegas Kapolres. Polres Wonogiri berharap, masyarakat dapat terus bersatu dan berperan aktif dalam menjaga keamanan serta ketertiban, di semua tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Solidaritas

Melalui doa bersama lintas agama ini, diharapkan juga menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas dan meningkatkan kesadaran masyarakat, tentang pentingnya menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Gelar doa bersama tersebut, disampaikan secara bergantian oleh masing-masing pemuka agama dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya doa bersama tersebut, dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada 2024 yang aman kondusif. Juga berpartisipasi aktif, untuk menyukseskan seluruh tahapan Pilkada berjalan damai dan bermartabat.

“Saat ini situasi di Kabupaten Wonogiri dalam keadaan kondusif, mari kita berkomitmen bersama agar Pilkada di Wonogiri dan di seluruh Indonesia, yang dilakukan serentak berjalan damai,” tegas Bupati, sembari menambahkan pentingnya menjaga kekompakan dan kerukunan antarwarga untuk keutuhan NKRI.

Ikut hadir dalam acara doa bersama lintas agama ini, Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono bersama jajaran Forkompimda. Juga hadir  Ketua dan Anggota KPU, Ketua dan Anggota Bawaslu, para Tokoh Agama yang tergabung dalam FKUB, serta para perwakilan tokoh agama dari masing-masing Kecamatan se-kabupaten Wonogiri.(Bambang Pur)