blank
Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz foto bersama Kepala Diskominsta Kota Magelang Muchamad Abdul Azis dan Kepala Disdukcapil Kota Magelang RR Sri Mulatsih. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dua inovasi Pemkot Magelang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) pada Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024, dengan tajuk ‘Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif dan Inklusif’.

Dua inovasi itu adalah pertama, Data Kota Magelang Open (DataGO) pada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) sebagai Penyelenggara Inovasi Terbaik dari Kelompok Keberlanjutan Tahun 2024 Kategori Pemerintah Kota.

Kedua, Aksi Ibu Pulang Bawa Akta Kelahiran (SI BULAN) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sebagai Penyelenggara Inovasi Terbaik dari Kelompok Replikasi Tahun 2024 Kategori Pemerintah Kota.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyerahkan penghargaan itu Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz pada acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Jakarta, beberapa hari lalu.

Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz menyampaikan rasa syukur atas prestasi tersebut. SI BULAN adalah inovasi yang betul-betul menyentuh masyarakat langsung. Berkat inovasi tersebut ada penghematan waktu, biasa dan prosedur dalam pembuatan akte kelahiran.

“Ke depan mohon dipertahankan agar lebih baik lagi. Di informasikan kepada yang bersangkutan (keluarga ibu bersalin) apa saja syarat dokumen yang perlu dipersiapkan. Jadi ketika keluar rumah sakit sudah bisa langsung bawa pulang akte,” kata Aziz.

Kemudan DataGO juga dinilai bagus karena data statistik itu penting terkait kebijakan berbasis data.

“Data harus valid dan terbuka untuk mengambil kebijakan. Masyarakat bisa melihat kondisi Kota Magelang seperti apa, terkait pemerintahan, pembangunan dan sebagainya,” imbuhnya.

Dia mengapresiasi OPD yang menggagas dua inovasi tersebut, dengan harapan OPD lain juga tetap memberikan inovasi pelayanan masyarakat yang terbaik.

Kepala Diskominsta Kota Magelang Muchamad Abdul Azis menyebut bahwa DataGO dibangun sebagai portal satu data Kota Magelang untuk memenuhi kebutuhan statistik sektoral bagi masyarakat dan pemangku kepentingan.

“Harapan kami semoga DataGO dapat terus berinovasi, berkembang sesuai dinamika pembangunan dan mampu menjawab kebutuhan data daerah secara komprehensif,” ungkap Azis.

blank
Pjs Wali Kota Ahmad Aziz saat menerima penghargaan dari
Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

Senada disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Magelang RR Sri Mulatsih. Menurutnya, SI BULAN adalah inovasi yang dibangun untuk akselerasi pelayanan penerbitan akta kelahiran atas kelahiran bayi pada kesempatan pertama dengan menggandeng mitra 16 fasilitas kesehatan (faskes) persalinan dan BPJS Kesehatan.

“SI BULAN mengalami pencapaian yang luar biasa dalam mendongkrak cakupan nilai akte kelahiran di Kota Magelang. Capaian akte kelahiran anak usia 0-17 tahun sudah 100%,” terangnya.

Output SI BULAN meliputi Akte Kelahiran dengan nama Si Bayi, Kartu Keluarga (KK) baru, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Ucapan selamat dari Wali Kota Magelang. Selain itu, anak juga sudah terdaftar di BPJS Kesehatan.

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan adminduk terbaik untuk masyarakat. Dukcapil Prima, Indonesia Maju!”, tegasnya.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas memaparkan, pelayanan publik bukan hanya sekedar tugas administratif saja, tetapi manifestasi nilai-nilai pemerintah yang mencakup transparansi, akuntabilitas, keadilan dan pelayanan prima.

Karena itu, acara ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi atas berbagai upaya yang telah dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik.

“Kami apresiasi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam pelayanan publik,” katanya.(prokompimkotamgl)