Fakultas Farmasi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyelenggarakan workshop pelatihan bagi penguji metode OSCE, Jumat (4/10/2024).

Hadir sebagai narasumber Dr apt Lannie Hadisoewignyo MSi, Dr apt Dika Pramita DestianiMFarm dan Dr apt Opstari Saptarini MSi. Acara diikuti oleh 68 dosen dari beberapaperguruan tinggi negeri dan swasta prodi Profesi Apoteker.

Dr Lannie menyampaikan penerapan sistem uji kompetensi secara nasional yang berupa edit Exam pada tahap akhir pendidikan apoteker merupakan upaya untuk meminimalkan variasipencapaian mutu kompetensi lulusan sebagai proses pendidikan. Dalam melakukan uji kompetensi ini menggunakan beberapa metode diantaranya KBT (Knowledge Based Test) atau CBT (Computer Based Test) metode ini digunakan untuk mengukur pengetahuansedangkan metode lain adalah OSCE (Object Structured Clinical Examination) digunakanuntuk mengukur attitude, keterampilan secara objektif dan terstruktur.

“Dalam uji kompetensi juga akan diketahui bagaimana peserta dalam proses pendidikan mendapatkan apa yang yang dipelajari, bagaimana pendidikannya dan kompetensi apa yang dia dapatkan,” pungkasnya.