ilustrasi cacar monyet. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus orthopoxvirus yang terjadi karena adanya kontak dengan orang atau hewan yang membawa virus monkeypox. Virus ini awalnya menular dari hewan ke manusia melalui cakaran atau gigitan hewan seperti tupai, monyet atau tikus yang terinfeksi.

Virus monkeypox juga bisa menular melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, ruam kulit, atau mukosa (lapisan kulit dalam) hewan yang terinfeksi. Beberapa hewan yang bisa menularkan cacar monyet, di antaranya anjing, kelinci, tikus, mencit, monyet, landak, serta rusa.

Melansir dari Suara.com, kasus cacar monyet sempat menghebohkan Indonesia pada tahun 2023 lalu karena disinyalir puluhan hingga ratusan orang terkena penyakit yang sempat lama tak terdengar di Indonesia tersebut.

Hal ini membuat masyarakat setidaknya patut waspada dengan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus Variola tersebut.

Selazimnya penyakit cacar air atau cacar biasa, penyakit cacar monyet juga sejatinya bisa diantisipasi penularannya dengan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukah oleh banyak orang.

Berikut ini merupakan 4 cara sederhana agar kita terhindar dari risiko terpapar penyakit cacar monyet.

1. Hindari Kontak Dengan Penderita Cacar Monyet atau Orang Dengan Gejala

Cara paling sederhana dan paling awal untuk meminimalisir penyebaran virus cacar monyet adalah dengan menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit ini atau seseorang yang terindikasi terkena atau bergejala seperti cacar monyet.

Melansir dari laman halodoc.com, penularan penyakit ini paling cepat memang melalui sentuhan langsung dengan kulit penderita yang terinfeksi.

Virus ini umumnya menular melalui cairan atau bekas luka cacar yang seringkali secara tak sadar mengenai orang lain saat melakukan kontak langsung.

2. Hindari Menyentuh Barang atau Perkakas Penderita Cacar Monyet

Penyebaran cacar monyet juga bisa melalui sentuhan tak langsung dengan para penderita. Melansir dari laman alodokter.com, orang-orang sehat yang menyentuh barang penderita cacar monyet bisa memiliki risiko pula untuk terserang cacar monyet.

Hal ini dikarenakan barang-barang seperti alat makan, pakaian atau barang lainnya dapat berpeluang menjadi ‘wadah’ pemindahan virus Mpox ke tubuh orang lain.

Cara yang cukup aman untuk menyentuh barang penderita cacar monyet adalah dengan menggunakan sarung tangah pelindung dan langsung membersihkan barang tersebut dengan air panas atau mencucinya hingga bersih. Cara ini bisa menurunkan risiko terserang cacar monyet.

3. Mencuci Tangan atau Bagian Tubuh Usai Kontak Langsung dan Tak Langung

Apabila kamu tak sengaja terkena atau bersentuhan langsung dengan penderita cacar monyet, disarankan dirimu untk segera mencuci atau membersihkan bagian tubuhmu yang terkena sentuhan.

Kamu bisa membilasnya dengan air mengalir yang dicampur dengan sabun atau disemprotkan dengan larutan pembersih/sanitaizer.

4. Lakukan Vaksin

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko terkena cacar monyet adalah dengan melakukan vaksinasi. Melansir dari laman halodoc.com, salah satu vaksin yang lazim digunakan untuk menghindari risiko cacar monyet adalah dengan menyuntikkan vaksin JYNNEOS.

Umumnya proses vaksinasi ini akan dilakukan dengan 2 dosis, yakni pada saat penyuntikan pertama dan pada setelah waktu sekitar 1 bulan setelah dosis pertama.

Nah, itulah beberapa cara sederhana menghindari terkena penyakit cacar monyet. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia