Petani dari Desa Singonegoro, Riris juga curhat tentang di wilayahnya, akses listrik untuk mendukung pengairan masih belum tersedia secara optimal. “Listriknya belum ada pak,” ujar Riris.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Jaman, petani dari Desa Nglebur, Jiken, yang mewakili para petani lainnya, dia mengusulkan terkait dengan perbaikan jalan di wilayah Kecamatan Jiken.

Ditindaklanjuti

Usai mendengarkan curhat dari para petani di Kecamatan Jiken, Ini yang dilakukan oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, dengan menyimak seksama kondisi yang dihadapi petani di lapangan, mencatat usulan dari mereka. Bahkan disaat itu juga Bupati Blora minta kepada Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora, Ngaliman yang membidangi pertanian, untuk segera meresponnya.

Bupati Blora langsung gerak cepat (gercep) menanggapi usulan mereka, segera menyelesaikan kendala yang dihadapi para petani di wilayah Kecamatan Jiken tersebut.

Terkait, keluhan petani cabai di Desa Ketringan, Bupati Blora mendorong agar para petani bisa berinovasi menjual cabai dalam produk olahan seperti sambal dan sebagainya.

Dikemukakan, dinas terkait nantinya akan siap mendampingi petani dalam mengolah dan memasarkan. Termasuk dalam menstabilkan harga cabai.

“Pak Kadinas DP4 tolong ditindaklanjuti kira-kira solusi apa agar cabai produk-produk para petani di Jiken ini bisa sesuai harapan petani.  Harganya baik,” kata Bupati Blora.

Terkait irigasi, lanjut Bupati Blora, persoalan air menjadi mayoritas kendala yang dihadapi petani Blora. Untuk itu Bupati Blora meminta dinas terkait untuk memetakan potensi yang ada, seperti pembuatan embung, sumur bor dan sebagainya.

“Segera di survei Pak Kadinas. Terkait sumur bor, kalau sumbernya ada, dihitung kebutuhan anggarannya seperti apa,” ujar Bupati Blora.

Soal pembangunan ruas jalan yang ada di wilayah Jiken, Bupati tandaskan bahwa sudah dipetakan dan direncanakan. Dikatakan, pembangunan akan terus dilakukan secara bertahap, mengingat keterbatasan anggaran.

“Kemarin saya cek kesana masih ada anggarannya.  InsyaAllah tahun ini dibangun. Kita mau dapat bantuan dari Presiden untuk pembangunan Cabak arah Nglebur kalau tidak salah Rp 23 Miliar,” imbuh Bupati Blora.

Untuk diketahui, berikut sejumlah bantuan pertanian dan sarana prasarana irigasi yang diserahkan Bupati Blora  bersama Forkopimcam Jiken kepada 20 penerima manfaat.

Di antaranya, hand traktor dari APBD DAU 2024, pompa air dan cultivator dari APBD DBHCHT 2024, dari APBN Ditjen PSP 2024 berupa pompa air 3 inchi dan traktor roda 2, termasuk pembangunan irigasi air tanah dangkal tanaman pangan di Desa Ketringan dan Desa Bangowan Kecamatan Jiken bersumber dari APBD (DAK) tahun 2024.

Kudnadi Saputro