Pelatihan pasca panen tembakau dan penyerahan bantuan pertanian, di Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken, Blora. Selasa, 10 September  2024.Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora menyelenggarakan pelatihan pascapanen tembakau dan penyerahan bantuan pertanian, DBHCHT Tahun 2024 di Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora Jawa Tengah, Selasa, (10/9/2024).

Saat hadir di acara pelatihan pasca panen tembakau tersebut, Bupati Blora dicurhati oleh sejumlah petani di wilayah kecamatan Jiken, yakni, permasalahan sulitnya pengairan, pemasaran pasca panen hingga usulan pembangunan jalan menuju ke areal pertanian, untuk mendukung transportasi hasil pertanian maupun sektor pariwisata.

Salah seorang petani Desa Ketringan, Jiken, Sarinah menyampaikan bahwa di wilayahnya banyak petani yang menanam hortikultura, khususnya cabai, saat ini kesulitan di pengairannya.

“Di desa kami yang diupayakan adalah Cabai pak, hanya para petani disana kerap kali menemui kendala, mulai dari saat penanaman maupun pasca panen, yakni, kesulitan di pengairannya, termasuk untuk pemasarannya saat panen. Untuk itu mohon dibantu,” ucap Sarinah.

Sarinah juga meminta dukungan Pemkab Blora  berkaitan dengan akses jalan untuk mendukung transportasi hasil pertanian hingga sektor pariwisata di wilayah Jiken.