Adianawati Ratna Hapsari/dok

(SUARABARU.ID) – Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) DPD Jateng akan menggelar lomba merangkai janur dan bunga sebagai bagian dari rangkaian acara Festival Kota Lama Semarang.

Event itu akan dilaksanakan di kawasan GKBI/Toko Oen Kota Lama pada Sabtu (31/8/2024) mulai pukul 13.00 WIB.

Ajang ini menjadi unjuk kebolehan bagi para perancang bunga.

Dengan mengusung tema Festival Janur dan Bunga Nusantara, para peserta diajak untuk mengeksplorasi keindahan Kota Lama Semarang atau pun Nusantara melalui karya-karya mereka dengan bahan janur dan bunga menjadi pakaian.

’’Kami ingin para peserta dapat menginterpretasikan keindahan arsitektur, sejarah, dan budaya Kota Lama dalam setiap rangkaian bunga dan janur mereka. Kami sangat antusias dengan tema ini,’’ tutur Sekretaris IPBI DPD Jateng Adianawati Ratna Hapsari.

Happy, sapaan akrab Adianawati, menambahkan hasil karya para peserta ini nanti bakal ditampilkan dalam peragaan busana atau fashion on the street di kawasan Kota Lama.

Sebanyak 20 peserta, baik perseorangan maupun kelompok, telah mendaftar untuk mengikuti lomba ini.

’’Mereka berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa desain, floris profesional, hingga ibu rumah tangga yang memiliki minat di bidang merangkai bunga,’’ papar Happy.

Para peserta akan dinilai berdasarkan beberapa aspek, seperti kreativitas, teknik, kesesuaian tema, dan keindahan visual, dengan komposisi janur 70 persen, bunga plus aksesoris 30 persen.

Juri yang akan bertugas adalah para ahli di bidang florikultura yang memiliki pengalaman panjang dalam menilai lomba-lomba serupa.

Disediakan hadiah total sebesar 10 juta rupiah telah disiapkan untuk para pemenang, masing-masing Rp 5 juta untuk juara 1, Rp 3 juta bagi juara 2 dan juara 3 mendapat Rp 2 juta.

’’Lomba ini bukan hanya sekadar ajang kompetisi, melainkan juga menjadi ajang untuk memperkenalkan bakat-bakat baru di bidang florikultura,’’ ungkap Happy.

Pihaknya berharap lomba ini dapat menjadi batu loncatan bagi para peserta untuk mengembangkan karier mereka di industri kreatif.

’’Kami juga juga berharap event seperti ini dapat melestarikan budaya bangsa dengan kegiatan yang menyesuaikan perkembangan zaman tanpa meninggalkan nilai nilai luhur seni budaya bangsa Indonesia,’’ tegasnya.

Sebagai informasi tambahan, IPBI adalah organisasi profesi merangkai bunga Indonesia.

IPBI DPD Jateng saat ini dipimpin Lili Kanggoana Gondokusumo.

Untuk semakin memeriahkan acara, pihak Festival Kota Lama menggelar pula lomba foto dengan objek acara tersebut, baik candid maupun pose di area kota lama yang mulai berlangsung pukul 14.00 WIB.

Adapun parade fashion on the street dimulai pukul 16.00 WIB.

mm

 

situs toto

  • situs toto
  • situs toto
  • situs toto
  • situs toto
  • situs toto
  • situs toto
  • situs toto
  • situs toto
  • barbartoto
  • barbartoto
  • situs toto