Presiden RI Ke-6 SBY (kiri) disambut Bupati Indrata Nur Bayuaji (kanan) untuk mengikuti upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2024 di Kabupaten Pacitan, Jatim.(Prokopim Pacitan)
PACITAN (SUARABARU.ID) – Presiden Republik Indonesia (RI) Keenam, Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudoyono (SBY), Sabtu (17/8/24), mengikuti Upacara Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Kabupaten Pacitan, Jatim.

Sebagaimana diketahui, SBY merupakan putra terbaik kelahiran Pacitan Tanggal 9 September 1949, dan merupakan Alumni Akabri Tahun 1973. SBY, adalah Presiden Indonesia Keenam, yang menjabat sejak Tanggal 20 Oktober 2004 sampai Tanggal 20 Oktober 2014. Dia menjadi Presiden RI pertama di era reformasi, yang terpilih melalui Pemilihan Umum (Pemilu) secara langsung.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Presiden RI Ke-6 SBY, mengikuti upacara bersama sejumlah tokoh, yakni para purnawirawan jenderal, laksamana dan marsekal serta kolonel dari Alumni AKABRI 1973 Cadaka Dharma AD, AL, AU dan Kepolisian.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, tampil menjadi Inspektur Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2024. Kehadiran SBY, memberikan nilai istimewa pada gelar upacara tersebut. Untuk memeriahkan upacara, ditampilkan hiburan Seni Ronthek (Ronda Trethek) dari kelompok Seni Ronthek Deling Glagah Ombo, Desa Tamanasri, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

SBY memberikan apresiasi atas pelaksanaan Upacara Detik Detik Proklamasi yang dinilainya berlangsung sempurna. Seluruh pengisi acara, mendapat penilaian baik dari putra terbaik Pacitan tersebut. Mulai dari parade peserta upacara, pasukan pengibar bendera, korp musik, juga penari dan pemilihan lagu-lagu.

Remisi

“Upacara hari ini berlangsung baik, membanggakan, tidak kalah dengan pelaksaanaan upacara di Jakarta,” puji SBY.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji sangat berterima kasih. Sukses pelaksanaan upacara kali ini, patut disyukuri dan membuktikan bahwa Pacitan tidak kalah dan bisa.

“Terima kasih kepada semua yang terlibat dalam upacara ini. Penghargaan dan apresiasi ini untuk kita semua, kita patut bersyukur dan Pacitan tidak kalah,” kata Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Ucapan terima kasih, juga diberikan Bupati atas kehadiran SBY serta Cadaka Dharma Alumni AKABRI 1973 di Pacitan. Mas Aji berharap selama berada di Pacitan yang dikenal sebagai Kabupaten Paradise of Java ini, para purawirawan TNI dan Polri tersebut dapat menyempatkan diri berwisata dan bisa mempromosikan Pacitan ke saudara, teman dan khalayak di tempatnya masing-masing.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati menyerahkan remisi atau keringanan hukuman kepada 67 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Pacitan. Mas Aji juga menggelar silaturahmi serta memberi bingkisan kepada para Veteran Pejuang Kemerdekaan dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Halking (Halaman Wingking atau Halaman Belakang) Pendapa Kabupaten.(Bambang Pur)