JEPARA(SUARABARU.ID) -Sebanyak 53 relawan dari berbagai organisasi relawan PP ikuti Latihan Gabungan Relawan Tim Reaksi Cepat (Latgab TRC) penanggulangan bencana yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara bekerjasama dengan PT PLN Tanjung Jati B pada Kamis(8/8/2024) sampai dengan Sabtu (10/8/2024) di Pantai Bandengan Jepara.

Kepala Pelaksana BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto melalui Plt. Kasi Kedaruratan dan Logistik Muh Ali Wibowo menyampaikan “Latgab TRC dilaksanakan sebagai upaya BPBD Jepara dalam meningkatkan respon dan kapasitas relawan PB dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Jepara”.

“Latgab ini diisi materi dasar tentang Tahapan Penyelenggaraan Penanggulangan bencana, peran dan urgensi relawan dalam penanggulangan bencana,” terangnya.

“Selain materi dasar tersebut, peserta dibekali dengan materi teknik antara lain: bantuan hidup dasar (BHD), operasional perahu karet, pasang dan bongkar tenda pengungsi, dapur umum, pengenalan dan operasional chainsaw,” lanjutnya.

“Di akhir kegiatan, latgab batiktoto ditutup dengan simulai bencana sebagai tolok ukur bagi peserta dalam penyerapan dan penerapan sistem komando keadaan darurat,” pungkasnya.

Hadepe – Poten