Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih simbolis menyerahkan hadiah mobil kepada 12 kades pada upacara hadi Jadi Ke-394, Agustus tahun lalu.(Foto:SB/Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kebumen tahun ini kembali mengadakan lomba desa berhadialh 12 unit mobil.

Saat ini tahapan lomba desa sudah masuk pada penilaian akhir. Ada 12 Desa pemenang yang berhak memperoleh hadiah satu unit mobil.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto mengungkapkan, pemenang lomba desa bakal diumumkan langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada peringatan Hari Jadi Kebumen Ke-395 di Alun-alun Pancasila, Rabu 21/8.

“Alhamdulillah di era kepemimpinan Bupati Arif Sugiyanto, lomba desa behadiah mobil. Saat ini sudah masuk tahun ketiga, dan ini terus berjalan. Kita adakan untuk menggali potensi desa, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya,”ujar Cokro Minggu (11/8).

Cokro mengatakan, lomba desa tersebut untuk mendorong ruang kompetisi yang positif dan sportif bagi Pemerintah Desa dalam perencanaan dan pelaksanaan program atau kegiatan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Adapun penilaian lomba desa ini meliputi semua aspek terkait kinerja Desa. Mulai tata kelola pemerintahan, sejauh mana pemerintahan desa bersikap transparan dan bersih dari korupsi. Kemudian sistem pelayanan, digitalisasi, administrasi, serta pendapatan desa dan perolehan PBB.

“Lomba desa ini indikatornya banyak, menyangkut semua aspek tentang kinerja desa. Desa yang memiliki kinerja baik, punya inovasi, dan pemerintahannya bersih dari penyalahgunaan kewenangan pasti mendapat peluang besar untuk bisa menjadi juara,”tuturnya.

Dari lomba desa ini Pemkab Kebumen bisa mengetahui kinerja Pemerintah Desa dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan program atau kegiatan di desa. Sekaligus bisa memotivasi desa dan untuk selalu meningkatkan kinerja dan inovasi dalam melayani masyarakat.

Tema lomba desa tahun ini yakni “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Mewujudkan Desa Mandiri Menuju Kebumen Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan”

Berikut Pemenang Lomba Desa Berhadiah Mobil 2022:

  1. Desa Jatimalang, Kecamata Klirong
  2. Desa Pejengkolan, Padureso
  3. Desa Balingasal, Padureso
  4. Desa Tepakyang, Adimulyo
  5. Desa Wajasari, Adimulyo
  6. Desa Temanggal, Adimulyo
  7. Desa Gemeksekti , Kebumen
  8. Desa Kawedusan Kecamatan. Kebumen
  9. Desa Karangsambung, Karangsambung
  10. Desa Jatimulyo, Petanahan
  11. Desa Srusuhjurutengah, Puring
  12. Desa Rogodono, Buayan

Pemenang Lomba Desa Berhadiah Mobil 2023

  1. Desa Argopeni, Kecamatan Ayah
  2. Desa Jatijajar, Ayah
  3. Desa Kamulyan, Kuwarasan
  4. Desa Sidomuki, Kuwarasan
  5. Desa Wonoyoso, Kuwarasan
  6. Desa Selokerto, Sempor
  7. Desa Sampang ,Sempor
  8. Desa Somagede, Sempor
  9. Desa Gunungsari, Karanggayam
  10. Desa Karanggayam, Karanggayam
  11. Desa Sumberadi, Kebumen
  12. Desa Prembun, Prembun.

Komper Wardopo