Warga di dataran tinggi Kebumen menerima kiriman air bersih dari mobil tangki BPBD, Kamis 8/8.(Foto:SB/Pusdalop BPBD Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen hingga Kamis (8/8) telah mendistribusikan 42.000 liter air bersih kesejumlah desa yang kekeringan.

Kepala Pelaksana BPBD Kebumen Udy Cahyono mengungkapkan, pihaknya melakukan distribusi air bersih ke sejumlah desa yang terdampak bencana kekeringan di beberapa kecamatan di Kabupaten Kebumen.

Adapun beberapa desa yang telah menerima pengiriman air bersih dari BPBD yaitu Desa Kalirejo dan Desa Gunungsari, Kecamatan Karanggayam, serta Desa Krakal, Kecamatan Alian.

Warga dataran tinggi Kebumen mengambil air bersih kiriman BPBD di bak penampung, baru-baru ini.(Foto:SB/Pusdalop BPBD Kbm)

Wilayah Kecamatan Karanggayam merupakan salah satu kecamatan yang memiliki desa dataran tingig dan di setiap musim kemarau rawan bencana kekeringan. Karena itu BPBD segera tanggap memenuhi  permintaan droping air bersih.

Menurut Udy Cahyono, pendistribusian air bersih tersebut  merupakan tindak lanjut dari Keputusan Bupati Kebumen Nomor 300.2.1/635 Tahun 2024 tentang Status Siaga Darurat Bencana Kekeringan, Kebakaran Hutan, dan Lahan di Kabupaten Kebumen.

Distribusi air bersih ini juga mendasarkan pada surat permohonan masyarakat dari desa-desa yang mengalami dampak langsung bencana kekeringan.

BPBD Kebumen telah mengerahkan tiga unit armada tangki untuk mengirimkan total 42.000 liter air bersih kepada warga yang membutuhkan. Armada yang dikerahkan terdiri dari dua unit tangki dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter dan satu unit tangki dengan kapasitas 4.000 liter.

Humas Pusdalop BPBD Kebumen Heri Purwoto menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui BPBD terus berupaya memberikan bantuan yang cepat dan tepat kepada masyarakat terdampak.

Hal itu  sesuai dengan arahan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan di musim kemarau tahun ini.

Komper Wardopo