Tim Penelitian USM yang didanai Kemenristek Dikti RI, mulai melakukan penelitian dengan judul 'Exploration of Self Esteem Model (Exseed)', di SMP Negeri 1 Jekulo, Kudus, Kamis (1/8/2024). Foto: dok/usm

KUDUS (SUARABARU.ID)– Tim Penelitian Universitas Semarang (USM)  yang didanai Kemenristek Dikti RI, mulai melakukan penelitian dengan judul ‘Exploration of Self Esteem Model (Exseed)’, di SMP Negeri 1 Jekulo, Kudus, Kamis (1/8/2024).

Penelitian ini dipimpin Prof Dr Rini Sugiarti MSi Psikolog, dengan anggota tim Dr Erwin Erlangga MPd dan Agusta Praba Ristadi Pinem SKom MKom.

Disampaikan Prof Rini, tujuan utama dari penelitian ini untuk mengintegrasikan inovasi teknologi, dalam eksplorasi model self esteem berbasis pendidikan 5.0, guna memperkuat karakter siswa cerdas istimewa.

BACA JUGA: Tim Pengabdian USM Lolos Hibah Kemenristek Dikti

Pendidikan 5.0 menekankan penggunaan teknologi sebagai alat untuk memperkaya pengalaman belajar, dan memungkinkan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI), Augmented Reality (AR), dan Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran.

”Dengan menggunakan teknologi ini, kami berharap dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih imersif, dan membantu siswa cerdas istimewa memahami konsep-konsep abstrak dengan lebih baik,” kata Prof Rini.

Menurutnya, penggunaan teknologi itu merupakan langkah maju untuk memperkuat karakter siswa dalam konteks pembelajaran inklusif. Penelitian ini juga mengembangkan platform pembelajaran yang dapat disesuaikan, dengan kebutuhan individual siswa cerdas istimewa.

BACA JUGA: Jelang Pendaftaran Calon Bupati Grobogan Belum Ada Pemohon SKCK di Polres Grobogan

Selain itu, teknologi yang digunakan diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.

”Hasil dari penelitian ini ditargetkan untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi Scopus Q3. Seperti International Journal of Information and Education Technology, serta dalam bentuk buku monograf ber-ISBN,” ungkapnya.

Riyan