Para siswa SMP Islam Rumpun Muslim di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, dilatih PBB oleh personel TNI AD dari Koramil-14 Jatisrono Kodim 0728 Wonogiri.(Pendim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para siswa SMP Islam Rumpun Muslim di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, dilatih tentara untuk meningkatkan sikap disiplin dan pembinaan karakter serta pembekalan semangat jiwa nasionalisme.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, pelatihan dilakukan oleh instruktur dari Koramil-14/Jatisrono. Kepada siswa diberikan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Juga diberikan pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Praktik pelatihan PBB digelar di halaman sekolah, oleh Serda Agus Guridno dan Serda Miftahul Huda. Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa, agar menjadi insan yang berdisiplin. Juga untuk memupuk jiwa nasionalisme cinta Tanah Air, dan sebagai pembinaan agar para siswa terampil dalam melaksanakan kegiatan baris-berbaris.

Proses pelatihan diawali dengan pemberian teori terlebih dahulu, baru kemudian dirangkai dengan pembimbingan praktik baris-berbaris. ”Untuk semua, perhatikan aba-aba. Siaaap …grak,” seru Serda Agus Guridno. Kepada siswa, ditanamkan sikap disiplin dalam melakukan gerak dan derap langkah yang tegas dan kompak.

Pelatihan praktik PBB diberikan mulai dari gerakan di tempat, gerakan terbatas, dan gerakan berpindah tempat. Para siswa terlihat antusias dalam mengikuti pelatihan yang disampaikan secara simpel dan mudah diterima.

Pelatihan ini, tidak berhenti hanya pada belajar baris berbaris saja, sebab dirangkai penanaman sikap disipilin dan pembinaan karakter. Tujuannya, untuk membentuk siswa menjadi generasi bangsa yang kuat, baik secara pisik maupun mental. Ikut hadir dalam pelatihan ini, Kepala Sekolah (Kasek) bersama para guru pendamping.(Bambang Pur)