Kepala SMPN 1 Jepara, Basuki bersama dewan guru seusai pembukaan MPLS. Foto: Bas

JEPARA (SUARABARU.ID)  – SMP Negeri 1 Jepara baru saja menyelesaikan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan mengusung tema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu “Membangun Generasi Emas Melalui Penggalian Potensi Diri dan Profil Pelajar Pancasila”. Acara ini diikuti oleh 301  siswa baru angkatan 2024-2025 yang terdiri 10 kelas  dengan semangat dan antusiasme yang tinggi.

Kepala SMPN 1 Jepara, Basuki saat menyematkan tanda peserta MPLS . Foto: As Bas

Ketua panitia MPLS, Haris Burhan, menjelaskan bahwa tema ini dipilih dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik baru. Hal ini sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pada profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Siswa kelas 1 SMPN 1 Jepara

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Jepara, Basuki saat membuka MPLS  menyampaikan beberapa poin penting mengenai MPLS dan relevansinya dengan visi, misi, dan profil sekolah. “MPLS bukan hanya tentang pengenalan lingkungan sekolah, tetapi juga merupakan awal pembinaan karakter dan pengembangan potensi bagi para siswa baru, ungkap Basuki.

Kepala SMPN 1 Jepara Basuki saat menyampaiakan pengarahan umum pada siswa. Foto: As Bas

Lebih lanjut, Basuki juga menyampaikan bahwa MPLS merupakan momen penting bagi para siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Beliau berpesan kepada para siswa untuk  bersemangat, disiplin, dan fokus dalam mengikuti semua kegiatan pembelajaran.

Siswa antusias ikuti MPLS di SMPN 1 Jepara. Foto: Bas

Kegiatan MPLS SMP Negeri 1 Jepara dikemas dengan berbagai kegiatan yang menarik dan bermanfaat. Kegiatan tersebut diwali upacara pembukaan dan pelepasan burung secara simbolis yang bekerja sama dengan Polres Jepara sebagai Pembina Upacara. Pengenalan visi, misi, dan profil sekolah oleh kepala sekolah dan para guru.

Materi berikutnya tentang penggalian potensi diri oleh Pembina Osis. Pengenalan dan demonstrasi kegiatan ekstrakurikuler oleh para siswa berprestasi. Materi terpenting yaitu kampanye anti-perundungan untuk membangun lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.

Melalui berbagai kegiatan tersebut, diharapkan para siswa baru dapat memahami potensi diri mereka masing-masing dan termotivasi untuk mengembangkannya. Selain itu, pengenalan kegiatan ekstrakurikuler diharapkan dapat memantik semangat kompetitif dan berdaya saing di antara para siswa. Kampanye anti-perundungan juga menjadi bagian penting untuk menciptakan lingkungan sekolah-  yang aman dan kondusif bagi semua siswa.

MPLS SMP Negeri 1 Jepara tahun 2024-2025 diharapkan dapat memberikan bekal bagi para siswa baru untuk menjalani masa SMP dengan sukses dan penuh makna. Dengan penggalian potensi diri dan penerapan profil Pelajar Pancasila, diharapkan para siswa dapat menjadi generasi emas yang membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara. (as/bas).

Hadepe – Warsih – As/Bas