Upacara pembukaan Kejuaraan Tarkam dan FOP program Kemenpora, digelar di Stadion Pacitan, dimeriahkan dengan tari-tarian dan diplay drum band pelajar.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Kabupaten Pacitan, Jatim, kembali dipercaya Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI), untuk menggelar Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam). Juga dipercaya jadi tuan rumah penyelanggaraan Festival Olahraga Pendidikan (FOP).

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, Kamis (25/7/24), mengabarkan, event olahraga Kejuaraan Tarkam merupakan program dari Kemenpora. Bagi Pacitan, Kabupaten berjuluk  Paradise of Java, Kejuaraan Tarkam ini merupakan yang kedua kalinya.

Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan tahun kedua ini, Kemenpora juga memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Pacitan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan FOP Tahun 2024.

Upacara pembukaan FOP dan Kejuaraan Tarkam, berlangsung di Stadion Pacitan. Dibuka oleh Menpora yang diwakili Imam Gunawan (Analis Kebijakan Ahli Utama, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI). Ikut hadir memberikan sambutan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Juga hadir jajaran Forkopimda Pacitan serta Plh Kepala Dinas (Kadis) Pemuda dan Olahraga Provinsi Jatim, Vitri Rahmawati.

”Kalau tahun lalu kami membawa satu program yakni Tarkam, tahun ini kita tambah satu lagi yang namanya Festival Olahraga Pendidikan,” kata Imam Gunawan.

Bibit

Event Kemenpora tersebut, menurut Imam Gunawan, sebagai apresiasi serta penyemangat. Harapannya, bisa menumbuhkan bibit prestasi serta memberikan manfaat lain bagi Pacitan. Yakni manfaat dari sisi sosial dan perekonomian.

Turnamen yang terselenggara kali ini, tambah Imam, masih berskala kecil. Namun bisa jadi akan menjadi tonggak untuk mencapai cita-cita yang lebih besar lagi.

Sementara itu, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, berharap kepercayaan yang diberikan Kemenpora ini, bisa membawa event-event lainnya untuk Pacitan. Event ini menjadi ajang meraih prestasi, tapi juga menjadi gelaran yang mampu mendorong pariwisata dan perekonomian bagi masyarakat Pacitan.

“Kita berharap akan tumbuh atlet-atlet muda yang berprestasi, yang nantinya akan membawa nama harum Pacitan. Pesan saya, junjung tinggi sportivitas, jaga persatuan serta jadikan event ini sebagai ajang silaturahmi,” kata Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Kejuaraan Tarkam mempertandingkan 4 cabang olahraga, yakni bola voli SLTA sederajat, bulu tangkis SLTP sederajat, senam antar Puskesmas se-Kabupaten Pacitan, dan atletik SLTP sederajat. Sedangkan untuk event FOP, terbagi dalam 3 kategori, yakni pertandingan antar-SLTA, antar-SLTP dan antar-SD sederajat.(Bambang Pur)