Ketua panitia POM UKSW 2024 Mathden Letare Manurung menyerahkan piala kepada juara umum. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berhasil menyandang gelar Juara Umum Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) 2024 yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Universitas (SMU). Dengan predikat juara umum yang disandangnya, FTI berhak atas piala bergilir POM 2024 dan juga sertifikat.

Salah satu perwakilan mahasiswa FTI, Ronald Bezaleel Papua Mangapati mengungkapkan rasa senangnya atas raihan juara tersebut.

“Kami senang bisa kembali menjadi juara umum dalam POM UKSW. Ini berkat kerja keras bersama,” ungkap Ronald yang juga merupakan perwakilan mahasiswa FTI menerima piala bergilir POM 2024.

Sementara itu, juara umum kedua berhasil diraih oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan juara umum ketiga diraih oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Piala juara umum dan sertifikat POM 2024 diserahkan langsung oleh ketua panitia POM UKSW 2024 Mathden Letare Manurung kepada para pemenang.

Pengumuman pemenang POM tahun ini dilaksanakan dalam closing ceremony POM 2024 di Lapangan Sepak Bola UKSW, Sabtu (6/6/2024) malam. “Looking Back to Move Forward” menjadi tema pada malam closing ceremony kemarin.

Suasana malam penutupan POM dipenuhi dengan sorak-sorai mahasiswa yang tampak semangat dan antusias merayakan rangkaian acara olahraga tahunan ini. Ikut memeriahkan acara antara lain pemenang cabang olahraga (cabor) dance, Band Soeita Modes, Dipoband, dan Saloko Hiphop Salatiga. Penampilan dalam closing ceremony kemarin sukses menghipnotis mahasiswa yang memadati Lapangan Sepak Bola UKSW.

Rangkaian penutupan POM kali ini diakhiri dengan penampilan spesial dari DJ Aldo dan LIL OD. Musik yang menghentak dan energik membuat para penonton tak henti-hentinya bernyanyi bersama.

Memberi semangat

Hadir dalam acara penutupan POM 2024 Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (WR PAK) Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc. Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti kompetisi POM tahun ini “Terima kasih kepada para peserta yaitu civitas academica UKSW bahkan dari luar kampus. Semoga kegiatan ini terus memberikan semangat bagi kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Mathden Letare Manurung menerangkan POM UKSW 2024 mempertandingkan dua belas cabor yaitu sepak bola, sprint, basket, futsal, voli, badminton, tenis meja, catur, billiard, dance, dan e-sport (PUBG, mobile legends, valorant, dan PES). Tak hanya itu, ada juga traditional games berupa bakiak, balap karung dengan mengenakan helm, estafet air, tarik tambang, dan karet tepung.

Ditambahkan, POM tahun ini diikuti sebanyak 18 kontingen yang terdiri dari 14 fakultas di UKSW dan program Pascasarjana, Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Kristen Maranatha, Universitas Hasanudin Makasar, Universitas Pattimura Ambon, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

POM tahun ini dibuka oleh Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., di Lapangan Sepak Bola UKSW pada Senin (24/06/2024) lalu dan berlangsung selama dua pekan.

Ning S