Rektor USM, Dr Supari ST MT (kanan), saat menghadiri kegiatan jalan sehat dalam rangkaian Dies Natalis Ke-37 USM, di Gelora USM, Minggu (23/6/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Selama 37 tahun Universitas Semarang (USM) berdiri, tercatat ada 49.800 alumni yang sudah bekerja di semua bidang, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Bahkan ada alumni yang mampu menciptakan lapangan kerja. USM yang mempunyai program ‘Jadilah Pengusaha Sejak Mahasiswa’, kini kontribusi sangat nyata untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Itulah yang diungkapkan Rektor USM, Dr Supari ST MT, saat menghadiri kegiatan jalan sehat dalam rangkaian Dies Natalis Ke-37 USM, yang mengusung tema ‘Maju Bersama USM, Hadapi Tantangan Krisis Global’, di Gelora USM, Minggu (23/6/2024).

BACA JUGA: Ratusan Kades di Blora Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan, Harus Segera Review RPJMDes

Dalam kegiatan yang diikuti civitas akademika USM itu, hadir Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM, anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, anggota Pengawas Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir V Priyo Bintoro MAgr.

Ada juga Ketua Senat USM, Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psikolog, Wakil Rektor II USM Dr Titin Winarti SKom MM, Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MM dan Sekretaris Universitas Dr Abdul Karim SE MSi Ak CA.

Supari menjelaskan, USM didirikan sejak 1987 oleh tokoh-tokoh Nasional, yaitu pimpinan Universitas Diponegoro (Undip), dan sejumlah alumninya. Berawal dari keprihatinan pimpinan Undip terkait banyaknya generasi muda yang tidak dapat melanjutkan kuliah pada masa itu.

BACA JUGA: Bincang Malam Menggali Potensi Jepara, Ada Ajaran Sosrokartono Hingga Gagasan Tempat Hiburan Eksklusif

”Kita tahu negara-negara maju, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan tinggi itu diatas 80 persen, dan kita masih jauh dari itu. Oleh karenanya, tujuan utama kebaradaan USM ini, untuk turut berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

Ke depan, imbuh dia, salah satu perguruan tinggi swasta dengan mahasiswa terbanyak di Jawa Tengah itu, akan mendukung tujuan-tujuan Nasional dari pemerintah, termasuk meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi.

”USM juga akan terus membangun dan meningkatkan kualitas. Pada tahun ini, USM juga memenuhi syarat untuk mengajukan sebagai perguruan tinggi yang Unggul. Mohon doanya, semoga USM segera Unggul. Ini sudah ada prodi-prodi yang Unggul, dan prodi lain sudah support untuk memenuhi syarat USM mengajukan perguruan tinggi yang Unggul,” tandasnya.

Riyan