Pemotongan hewan kurban di Lapas Semarang. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hari Raya Iduladha 1445 H tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Semarang melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Diketahui, tahun ini Lapas Semarang mendapat sumbangan hewan kurban sebanyak lima ekor sapi dan 16 ekor kambing.

Kalapas Semarang, Usman Madjid menyampaikan, tahun ini Lapas Semarang menerima sumbangan hewan kurban dari beberapa pihak. “Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan sumbangan hewan kurban sapi sejumlah lima ekor, dan kambing sebanyak 16 ekor. Daging kurban kami distribusikan kepada warga binaan dan warga sekitar Lapas Semarang,” ungkap Usman, Selasa (18/6/2024).

Usman menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan melibatkan warga binaan, petugas dan beberapa pihak dari luar. “Kami berharap kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahun, semoga tahun depan dapat lebih baik lagi.” imbuhnya.

Salah satu warga binaan kasus penggelapan, Eka mengaku senang dapat membantu pelaksanaan kegiatan pemotongan hewan kurban.

“Kebetulan saya ikut dalam kepengurusan di Masjid At-Taubah dalam kegiatan Idul Adha, karena pengurus masjid disuruh bikin panitia. Saya sangat senang disini bisa mengamalkan apa yang saya bisa untuk membantu teman-teman warga binaan di Lapas,” ucap Eka.

Dalam pelaksanaan kegiatan Iduladha 1445 H di Lapas Semarang ini melibatkan 1500 warga binaan beragama muslim yang sebelumnya mengikuti shalat Ied bersama petugas Lapas pada Senin (17/6/2024).

Ning S