Rumah produksi Sale Pisang Salenda, Magelang (12/6/2024). Foto: Ning S

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Jawa Tengah, selain dikenal dengan tempat wisatanya yang menakjubkan, ternyata banyak sekali tempat kuliner yang bisa kita jumpai.

Salah satunya adalah di Kota Magelang. Saat berkunjung di Magelang, kamu bisa mengunjungi outlet (rumah produksi) Sale Pisang Salenda yang berada di Perum Depkes Blok C 1 No. 26 Magelang Utara. Salenda merupakan sale pisang dengan aneka varian rasa yang sudah tersebar luas di seluruh Indonesia.

Evi Dwi Hastuti, pemilik Sale Pisang Salenda memulai usahanya sejak tahun 2019. Ia sengaja resign dari tempat kerja sebelumnya untuk menggeluti usahanya yang sudah lama diimpikannya ini.

Evi mengungkapkan, Sale Pisang Salenda dibuat dari Pisang Rojo Bandung (pisang awak) yang berasal dari Purworejo. Meskipun Pisang Rojo Bandung di Purworejo tidak bisa dijadikan sebagai pisang buah, namun ternyata bisa dijadikan sale pisang yang rasanya sangat manis. Selain harganya terjangkau, juga ada peluang dijadikan sale pisang.

Evi mengaku setiap harinya mampu menjual 100 hingga 150 kilogram sale pisang, tergantung sepi ramainya penjualan. “Kalau sepi bisa habis 100 kilogram, kalau ramai ya sampai 150 kilogram,” ujar Evi dalam kegiatan Famtrip Komunitas Media bersama Disporapar Provinsi Jateng, belum lama ini.

Untuk pemasaran secara offline Evi telah bekerja sama dengan 850 toko, namun secara online, ia biasa mengirim sale pisang paling banyak ke Sulawesi, Kalimantan, Gorontalo, hingga Palu. Bisa juga dipesan melalui Shopee dan lainnya.