Mas Umam, salah satu personil security Bank BRI Wonosobo, saat membantu pengunjung meninggalkan tempat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Mas Umam, adalah salah satu personil security Kantor Bank BRI Wonosobo. Setiap hari, saat sedang jadwal piket, dia akan selalu setia untuk menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati.

Kepada setiap nasabah atau pengunjung Kantor BRI Cabang Wonosobo yang datang, dia akan menyambut dengan senyum dan penuh keramahan. Banyak pihak yang mengaku senang dengan cara Mas Umam dalam menyambut tamunya.

Karena prinsipnya pengunjung adalah “raja” yang harus diperlakukan dan dilayani dengan sebaik-baiknya. Dia mengibaratkan security menjadi gambaran dari pelayanan pertama bagi para pengunjung.

“Sebab, sebelum pengunjung bertemu dengan costumer servis atau pimpinan, terlebih dahulu harus disambut oleh security. Maka, tamu pertama kali harus disambut dengan sebaiknya-sebaiknya,” prinsip dia.

Testimoni Pengunjung

Mas Umam, salah satu personil security Bank BRI Cabang Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Pengalaman pelayanan terbaik yang dilakukan Mas Umam, diceritakan salah satu pengunjung. Waktu itu, dia mengantar temannya yang kehilangan kartu ATM BRI. Ternyata disambut dengan baik oleh salah satu security bernama Mas Umam.

“Saya mengantar teman dari luar kota yang kehilangan kartu ATM. Terus ke BRI dekat Alun- Alun Wonosobo. Dibantu prosesnya oleh Mas Umam hingga terbit kartu ATM baru. Dia sangat ramah, supel dan cekatan. Bisa jadi contoh security lain di Wonosobo atau pun di Indonesia,” lontar dia.

Pengalaman lain juga diceritakan oleh Mahaka Putra, warga Wonosobo, yang akan menemui salah satu pimpinan di BRI. Mas Umam menanyakan keperluanya apa dengan cukup simpatik dan mengantarkan sampai ke ruang tunggu.

“Sikap simpatik dan cekatan sangat diperlukan oleh seorang security. Apalagi dia bekerja di institusi yang melayani publik. Saya kira Mas Umam bisa jadi cermin bagaimana menyambut dan melayani pengunjung dengan sikap ramah dan penuh simpatik,” ujarnya.

Muharno Zarka