Malam puncak pekan karya inovasi PKK Kabupaten Paictan, Jatim, berlangsung meriah, dimeriahkan aneka sajian seni panggung yang menawan.(Dok.Prokopim Pacitan)
PACITAN (SUARABARU.ID) – Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Desa Ngadirejan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jatim, berhasil menjadi pemenang juara pertama dalam lomba cipta jingle untuk penyuluhan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) tingkat Kabupaten Pacitan, Jatim.

Juara II dan III lomba jingle diraih oleh Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo dan Desa Tambakrejo, Kecamatan Pacitan. Cipta karya jingle ini, dilombakan dalam event lomba karya inovasi bagi kader PKK se Kabupaten Pacitan, Jatim, bersamaan dengan sejumlah mata lomba lainnya.

Jingle adalah suatu gambaran singkat mengenai sesuatu dari sebuah institusi yang direalisasikan dalam bentuk seni musik. Jingle memiliki makna atau pesan-pesan, yang terkait dengan apa yang dipublikasikan, diiklankan atau dipromosikan kepada publik.

Untuk lomba mendongeng Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), pemenang juara 1,2 dan 3 masing-masing diraih oleh Desa Menadi Kecamatan Pacitan, 2 Desa Sukodono Kecamatan Donorojo dan Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo.

Sementara itu, untuk pemenang lomba kreasi souvenir Juara 1, 2 dan 3 dimenangi oleh Desa Tambakrejo, Desa Bangunsari dan Kelurahan Pucangsewu, Kecamatan Pacitan. Untuk lomba Majalah Dinding (Mading) Media Penyuluhan Posyandu, Juara1 Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung, Juara 2 Desa Ploso Kecamatan Punung dan Juara 3 Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan. Kemudian untuk Juara 1, 2 dan 3 lomba defile diraih oleh Kecamatan Pacitan, Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Tulakan.

Meriah

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, kepada semua peraih juara mendapatkan piala dan penghargaan yang diserahkan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pacitan, Ny Efi Indrata Nur Bayuaji. Penyerahannya berlangsung Rabu malam (5/6), bersamaan dengan acara malam puncak pekan karya inovasi PKK Desa/Kelurahan 2024 tingkat Kabupaten Pacitan.
Para Kader PKK yang menenangi perlombaan karya inovasi, foto bersama dengan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji beserta Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan Ny Efi Indrata.(Dok.Prokopim Pacitan)

Acara malam penganugerahan penghargaan bagi para juara lomba pekan karya inovasi TP PKK desa/kelurahan tersebut, berlangsung meriah. Dimeriahkan dengan menyajikan aneka kesenian tari serta sajian top 3 lomba jingle penyuluhan PKK dan hiburan musik.

“Selamat kepada para kader PKK yang meraih juara. Yang belum sabar dan tetap gembira, dengan harapan yang juara semoga bisa menjadi inspirator di desa/kelurahan masing-masing,” kata Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Sebagaimana diketahui, PKK adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. PKK merupakan organisasi kemasyarakatan (Ormas), untuk memberdayakan perempuan dan warga, guna berpartisipasi dalam pembangunan kesejahteraan di Indonesia.
Bambang Pur