Agus Setyawan mengembalikan berkas pendaftaran ke kantor DPC PDIP Temanggung. Foto: Dok/Humas (27/5/2024)

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Ratusan warga dari berbagai elemen hari ini mengantarkan bakal calon (Balon) Wakil Bupati Temanggung, Agus Setyawan untuk mengembalikan berkas pendaftaran ke kantor DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Temanggung, Senin (27/5/2024).

Ratusan warga yang berasal dari 20 kecamatan di Temanggung itu terdiri atas seniman dan budayawan hingga kalangan petani. Tak ketinggalan sejumlah ulama dan santri juga ikut menyemarakkan suasana dengan musik hadroh.

Turunnya warga desa dari berbagai kecamatan itu dikarenakan sosok Agus Setyawan yang merupakan Kades Campurejo, Kecamatan Tretep ini populer di kalangan masyarakat bawah. Masyarakat menginginkan dalam pemilihan kepala daerah tahun ini memunculkan sosok pemimpin yang benar-benar menjadi representasi rakyat.

Rombongan tiba di kantor DPC PDIP Temanggung tepat pukul 14.00 WIB dengan iringan hadroh. Sementara itu berkas yang diserahkan Agus diterima oleh jajaran pengurus, dan akan segera dikirimkan kepada jajaran pengurus partai di tingkat pusat partai.

Momen haru terlihat kala Agus Setyawan mencium kaki sang ibunda sembari memohon doa restu. Ia menyebut, niat hatinya untuk mendaftarkan diri ini tak lain berkat desakan masyarakat untuk mengabdikan diri terhadap bumi kelahirannya, Temanggung dan masyarakat yang hidup di dalamnya.

“Saya hanya masyarakat biasa yang ingin mengabdikan diri kepada masyarakat Temanggung, tempat dimana saya dilahirkan. Ini juga berkat dorongan dan doa restu sedulur-sedulur demi Temanggung yang lebih baik,” ungkapnya.

Namun demikian, perjuangan memajukan Temanggung tidak bisa dilakukan orang per orang. Perjuangan membutuhkan kebersamaan dan gotong royong berbagai pihak. Ia percaya dengan niat tulus dan kejujuran yang berlaku di masyarakat akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk semua orang.

“Demi terwujudnya Temanggung yang lebih baik, tetap harus ada perjuangan yang kita lakukan bersama-sama dengan warga masyarakat. Semoga semua ini diridhoi,” harap Anak Lereng Prau ini.

Agus sendiri dikenal sebagai Kepala Desa Campurejo Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung. Agus tidak hanya dikenal di desanya saja, pasalnya Agus juga banyak membantu kesulitan warga desa lain. Ia juga dikenal sebagai tokoh yang puluhan tahun mengawal perjuangan petani tembakau yang menjadi tulang punggung perekonomian Temanggung.

Ning S