blank
Sekda Jateng Sumarno bersama para pemenang lomba yang diselenggarakan oleh Iwapi. Foto: Humas Provinsi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno mendorong  Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) wilayah setempat untuk mengemangkan pasar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif.

“Peran Iwapi sangat strategis, karena mayoritas pelaku UMKM adalah perempuan,” kata Sumarno saat menghadiri acara lomba menyanyi, fashion show, line dance yang diselenggarakan Iwapi Jateng, di Transmart Kota Semarang, Minggu, 26 Mei 2024.

Ia berharap, Iwapi Jateng terus aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menarik dan inovatif. Supaya mampu mengembangkan kegiatan ekonomi di masing-masing daerah.

“Kegiatan lomba ini juga mengangkat ekonomi kreatif, karena pengembangan ekonomi kreatif juga sangat penting,” katanya.

Menurut Sumarno, potensi ekonomi kreatif di Jateng sangat besar; mulai dari batik, kuliner, kerajinan tangan, dan sebagainya. Namun, potensi-potensi itu dinilai belum digarap secara optimal. Oleh karena itu, butuh keterlibatan masyarakat, pengusaha, dan stakeholder lainnya untuk sama-sama mengembangkannya.

Guna mengembangkan industri kreatif di wilayahnya , Pemprov Jateng akan terus memberikan dukungan bagi para pelaku UMKM. Dukungan itu diantaranya menghubungkan pelaku UMKM dengan calon konsumen dari dalam maupun luar negeri, mempermudah pelaku UMKM mengakses permodalan, dan lain-lainnya.

“Kami berterima kasih kepada Iwapi yang telah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menumbuhkembangkan entrepreneur para anggotannya,” ucapnya.

wied