Wakil Bupati Wonosobo M Albar saat menyerahkan piala dan piagam penghargaan. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Wonosobo berhasil menjadi juara umum pada gelaran Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Wonosobo tahun 2024, yang digelar di halaman Pendopo Bupati setempat.

Keberhasilan Kwarran Kecamatan Wonosobo menjadi juara umum didapat setelah perwakilannya, yaitu Barung Hijau Putri SDN 1 Wonosobo menjadi tergiat I, Barung Biru Putri SDN 5 Wonosobo menjadi tergiat II dan Barung Merah Putra SDN 1 Wonosobo menjadi tergiat I, Barung Merah Putra SDN 5 Wonosobo menjadi tergiat II.

Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Wonosobo yang dilaksanakan selama 1 hari ini ditutup oleh Bunda siaga Chusniatul M Albar yang merupakan istri Wakil Bupati M Albar.

Saat menutup pesta siaga Kak Chusniatul M Albar menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta, setelah melalui hari yang panjang namun menyenangkan, sebagaimana tema kegiatan ini Gembira, Semangat, Inovasi, Terampil (Gesit).

“Saya berharap nanda-nanda sekalian mendapatkan pengalaman berharga dan banyak tambahan wawasan, yang akan berguna di masa selanjutnya,” tegas dia.

Selain itu, pihaknya juga berharap penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Dwi Dharma Siaga dapat terus dilakukan pada kehidupan sehari-hari seterusnya.

Chusniatul Albar juga menyampaikan bahwa menang dan kalah hanyalah bumbu perjuangan, namun kejujuran dan sportivitas adalah makna inti dari perlombaan yang telah dijalani.

Kembangkan Kreatifitas

Wakil Bupati Wonosobo M Albar saat menyerahkan piala pada juara umum. Foto : SB/dok Prokompim

“Tidak ada perjuangan yang sia-sia. Karena dalam setiap perjuangan terkandung hikmah dan pembelajaran yang luar biasa. Jadilah generasi unggul penerus bangsa, dengan mental baja dan karakter berbudi pekerti yang telah ditempa melalui Gerakan Pramuka,” katanya.

Dia meminta, peserta mengamalkan pembelajaran serta pengalaman yang telah kalian peroleh pada Pesta Siaga ini. Kembangkan kreativitas dengan membuat karya-karya baru yang positif dan inovatif.

“Juga kembangkan kemampuan sosial yang baik, dengan memupuk semangat persahabatan dan persaudaraan serta saling tolong-menolong,” tandasnya.

Ketua Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Wonosobo tahun 2024, Nurul Hidayati menyampaikan pemenang ataupun barung tergiat pada gelaran Pesta Siaga ini.

Sebagai barung tergiat Putri, Tergiat I barung Hijau SD Negeri 1 Wonosobo, tergiat II barung Biru Sd Negeri 5 Wonosobo, Tergiat III barung Merah SD Negeri Wilayu Selomerto.

Untuk tergiat Putra, Tergiat I barung merah SD Negeri 1 Wonosobo, tergiat II barung merah SD Negeri 5 Wonosobo, tergiat III SD MI Ma MK An Nur Garung.

“Selain mendapat tropi dan piagam penghargaan, untuk tergiat I dan II Putra dan Putri berhak mewakili Wonosobo pada kegiatan Pesta Siaga Tingkat Regional Kwarda Jawa Tengah yang akan dilaksanakan 25 Mei 2024 di Klaten,” pungkas Nurul.

Turut Menyerahkan tropi dan piagam, Ketua Kwarcab Wonosobo, Kak M Albar dan jajaran Mabicab Gerakan Pramuka Wonosobo.

Muharno Zarka