blank
Sidang pemilihan Konfercab PCNU Kudus. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – KH Asrofi Masyito kembali terpilih menjadi Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Kudus masa khidmat 2024-2029. Asryofi terpilih dalam Konfercab PCNU Kudus yang digelar di Laboratorium Serbaguna IAIN Kudus, Rabu (9/5).

Sama halnya pada jabatan Rais Syuriah, KH Ulil Albab Arwani juga kembali terpilih kembali. Gus Bab, panggilan akrabnya, kembali diamanati menjadi pimpinan tertinggi PCNU Kudus melalui pemilihan yang digelar dengan sistem Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa).

Dengan hasil tersebut, maka formasi Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Kudus masa khidmat 2024-2029 sama persis dengan periode sebelumnya.

Terpilihnya kembali Asyrofi sebenarnya cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, usai acara pembukaan Konfercab, Asrofi sempat berstatemen kepada awak media tak akan maju sebagai calon lagi.

“Saya merasa tidak mampu kesehatan. Lisan pun sudah tak fasih berbicara,”kata Asrofi saat ditemui usai acara pembukaan Konfercab.

Dan di arena Konfercab, sejumlah kandidat juga muncul jadi perbincangan diantaranya Warek IAIN sekaligus Sekretaris PCNU periode sebelumnya, Dr Kisbiyanto, Ajudan Pj Bupati Kudus H Sarmanto Hasyim, serta Fajar Nugroho, pengurus PCNU Kudus di beberapa periode.

Namun, dinamika pemilihan berkata lain. Dalam sidang pemilihan persisnya di tahap penjaringan bakal calon, hanya Asrofi yang berhasil memenuhi syarat sebagai bakal calon.

Dari sembilan MWC sebagai peserta Konfercab, dua MWC diantaranya dinyatakan tidak bisa memberikan suara karena belum ber SK.

Dan pada proses penjaringan, Asrofi berhasil mendapatkan empat suara, Fajar Nugroho satu dan Sarmanto 2 suara. Sesuai tata tertib pemilihan, hanya Asrofi yang boleh maju ke tahap selanjutnya karena syarat untuk menjadi calon harus mengantongi minimal tiga suara.

Alhasil, sebagai calon tunggal, Asrofi pun disepakati terpilih kembali menjadi Ketua PCNU Kudus masa khidmat 2024-2029.

Ali Bustomi