blank
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat acara pembukaan TMMD Reguler ke 120 dan TMMD Sengkuyung tahap II di Lapangan Bina Bhakti, Desa Bergas Kidul, Kabupaten Semarang, Rabu 8 Mei 2024. (Foto: Pemprov Jateng)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengapresiasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

‘”Ini adalah suatu kemanunggalan TNI, khususnya bersama pemerintah, Polri, dan masyarakat,” kata Nana Sudjana saat acara pembukaan TMMD Reguler ke 120 dan TMMD Sengkuyung tahap II di Lapangan Bina Bhakti, Desa Bergas Kidul, Kabupaten Semarang, Rabu 8 Mei 2024.

Menurutnya, program TMMD ejalan dengan program pemerintah pusat yang melaksanakan pembangunan wilayah mulai dari desa.

“(Program ini) mampu memberikan solusi supaya masyarakat di desa ini tumbuh ekonominya, tumbuh aktivitasnya, tumbuh kreativitasnya,” kata Nana.

Program TMMD ini dilaksanakan pada 8 Mei hingga 6 Juni 2024. Bentuk kegiatannya dalam bentuk pembangunan fisik dan non fisik.

Pembangunan fisik yang dilaksanakan di Bergas Kidul, antara lain betonisasi jalan desa sepanjang 1.138 meter, pembangunan talud dengan volume 330,16 m3, Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 19 unit, dan pembangunan MCK 1 unit.

Sementara untuk pembangunan non fisik meliputi penyuluhan bela negara dan peningkatan wawasan kebangsaan, penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba dan kamtibmas, penyuluhan penanaman ideologi Pancasila dan revolusi mental, serta penyuluhan penanganan sampah dan bank sampah.

Keberhasilan dari program TMMD ini diharapkan memberikan banyak dampak positif.

Antara lain menurunkan angka kemiskinan dan stunting, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membawa kemajuan desa.

Sementara itu, Pangdam IV/ Diponegoro Mayjend TNI Deddy Suryadi menambahkan, program TMMD merupakan salah satu upaya melestarikan gotong royong antara aparat pemerintah, TNI/ Polri, dan masyarakat desa, sehingga tercipta kemanunggalan TNI dan rakyat.

Diaz Aza