blank
Tim PkM USM, saat melakukan Sosialisasi Peranan Teknologi Pengolahan Daging dalam Mempertahankan Mutu dan Keamanan Pangan', di SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM), belum lama ini menggelar ‘Sosialisasi Peranan Teknologi Pengolahan Daging dalam Mempertahankan Mutu dan Keamanan Pangan’, di SMA Muhammadiyah 4 Kendal.

Kegiatan ini sendiri didanai USM, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), dan diikuti siswa-siswi kelas XI. Tim PkM USM terdiri dari Ketua C Hari Wibowo SPt MP, anggota Dr Iswoyo SPt MP, dan Devy Angga Gunantar SPd MHum.

Dalam kegiatannya, mereka dibantu dua mahasiswa USM, untuk mengedukasi para siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kendal, agar mampu mengenali makanan yang benar-benar aman dan sehat untuk dikonsumsi.

BACA JUGA: Muncul Nama Iqbal Bos Bejeu dalam Bursa Pilkada Jepara 2024

blank
Usai melakukan sosialisasi, tim PkM melakukan foto bersama Kepala SMA Muhammadiyah 4 Kendal beserta beberapa siswa. Foto: dok/usm

Pada acara itu, Hari Wibowo memberikan materi terkait dengan pengolahan daging unggas, mulai dari ayam, bebek dan sejenisnya. Sedangkan Iswoyo menyosialisasikan keamanan pangan, khususnya pada teknologi pengolahan daging sapi dan domba, baik dalam pemilihan daging mentah yang akan dikonsumsi, proses pengolahannya, proses penyajian dan metode pemasakannya.

Selain itu, Devy Angga Gunantar juga memberikan pengetahuan dan pelatihan Bahasa Inggris, untuk berkomunikasi secara sederhana dan singkat. Menurut dia, Bahasa Inggris dinilai sangat penting diajarkan untuk anak usia muda, sebagai bekal mereka dalam berkomunikasi dan bersaing di dunia global.

Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Siti Rofingah SPdi berharap, kegiatan semacam ini akan terus bisa terjalin dan berkelanjutan, dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada anak-anak didiknya.

”Saya menyambut dengan senang hati, dan saya berharap kerja sama ini bisa ditindaklajuti dengan adanya MoU, terkait kegiatan PkM dan Penerimaan Mahasiswa Baru,” tuturnya, didampingi Kurnia M selaku Waka Kurikulum dan Sunarmi MSi.

Riyan