blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfhi bersama para petani tembakau di Temanggung. Foto: Dok/Humas (4/5/2024) 

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfhi hadir di tengah para petani tembakau di Temanggung untuk melaksanakan ‘Wiwit Tembakau’ dan Festival Kesenian Kabupaten Temanggung 2024 di Alun-Alun Kabupaten Temanggung, Sabtu (4/5/2024).

“Wiwit tembakau kita selenggarakan untuk melestarikan adat budaya dan menjaga kearifan local, semangat gotong royong dan kebersamaan seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung,“ kata Agus Sujarwo selaku ketua panitia.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelompok tani se wilayah Kabupaten Temanggung, yakni 700 kelompok tani (7000 orang).

PJ Bupati Kabupaten Temanggung, Drs Hari Agung Prabowo memberikan apresiasi kepada Kapolda Jateng atas kepeduliannya kepada petani tembakau.

“Kami apresiasi kepada Kapolda Jawa Tengah atas kepeduliannya kepada para petani tembakau, “ ungkapnya.

Sementara itu Kapolda Jateng Ahmad Luthfi menjelaskan, kegiatan tersebut sangat baik untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan dapat memecahkan berbagai permasalahan (Kamtibmas)

“Saya sangat bangga, tradisi wiwit itu kalau istilah TNI Polri adalah “es prit de corp” (jiwa kebersamaan), sehingga tidak ada lagi timbul friksi (perpecahan), di situ tercipta kerukunan, di situ tercipta kebersamaan dengan berbagai identitas “ kata Lutfhi.

Luthfi menyebut, para petani merupakan pahlawan devisa negara. “Mari kita berdoa, semoga doa kita tembus langit kepada Allah, sehingga tembakau kita menjadi sangat luar biasa, dan Temanggung menjadi gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo,” harap Lutfhi.

“Kondisi Jawa Tengah saat ini sangat kondusif setelah Pemilu. Kamtibmas aman terkendali tidak ada konflik di Jawa Tengah,” tandasnya.

Ning S