blank
Karya seni rupa di pameran AECItrue. Foto: Rafika

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pameran AECItrue resmi dibuka di Tandhok Artspace, Semarang Senin (29/4/24). Pameran ini menjadi ajang bagi para seniman dari berbagai latar belakang untuk memamerkan karya seni mereka.

Tidak hanya seni lukis, even ini juga menampilkan karya seni rupa lainnya, seperti yang dijelaskan oleh Ridho, salah satu anggota tim kurator. “Kawan-kawan tidak seluruhnya menggambar atau melukis, ada yang secara alami sebagai pelukis, tapi ada juga yang seni rupa lainnya contohnya karya seni industri frame. Kawan-kawan seniman menggambar kemudian masuk ke seniman industri frame. Interaksi seperti itu yang kita bangun,” kata Ridho.

Event AECItrue memiliki tujuan untuk menyatukan semua jenis karya seni dan mencegah pemisahan berdasarkan kategori. Singgih, seorang kurator, menegaskan bahwa keberagaman adalah hal penting dalam seni rupa.

blank
Pembukaan oleh Heru Hikayat selaku kurator utama acara AECItrue. Foro: Rafika

“Harapannya dari keberagaman ini tidak mengotak-ngotakkan seni rupa hanya sebatas menggambar atau melukis, tetapi mereka punya segala sisi yang dapat ditarik referensinya, seperti karya yang menjadi kaos, tas, dan sebagainya,” ujarnya.

Heru Hikayat, kurator utama pameran ini menyatakan, bahwa even ini juga menjadi wadah untuk menampilkan karya-karya para muda-mudi. “Seringkali kerumunan anak muda dipandang negatif oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu, dengan adanya event ini, semoga acara ini dapat bermanfaat sebagai tempat berkumpulnya anak muda untuk memperlihatkan hasil kreasinya,” kata Heru.

Selain pameran, AECItrue juga memiliki serangkaian kegiatan lain seperti workshop yang akan berlangsung dari 4 hingga 11 Mei 2024. Di antaranya, Workshop Fotografi Fashion pada 4 Mei, Workshop ArtKROObatik Surabaya pada 5 Mei, Workshop Ilustrasi Figur Naif pada 8 Mei, dan Workshop Art Finger Style pada 11 Mei 2024.

Dengan adanya acara ini, diharapkan semangat kolaborasi dan eksplorasi seni dapat terus tumbuh di Semarang, memberikan kesempatan kepada para seniman muda untuk menunjukkan bakat mereka dan berinteraksi dengan industri kreatif.

Rafika Zahra Aranti