blank
Sambut HBP ke-60, Kanwil Kemenkumham Jateng lakukan ziarah tabur bunga di TMP Giri Tunggal. Foto: Dok/Humas (25/4/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto memimpin tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal, Kamis (25/04).

Upacara tabur bunga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60.

Tejo mengatakan, ziarah dan tabur bunga ini sebagai momentum mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan bangsa dan memajukan bangsa Indonesia.

“Kegiatan ziarah dan tabur bunga yang kita lakukan ini sebagai tanda penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang mengabdikan diri kepada negara maupun dalam pengembangan Kemenkumham,” ujarnya.

Tejo menyebut, jasa pahlawan perlu dikenang. Niat, sikap, serta perilaku baik dari para pahlawan harus diimplemntasikan sebagaimana tanggung jawab jajarannya sebagai penerus bangsa.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga diawali dengan penghormatan kepada arwah yang diikuti mengheningkan cipta. Karangan bunga kemudian diletakkan di atas monumen pahlawan, yang ditutup dengan penghormatan sebelum meninggalkan lapangan upacara.

Pada momen spesial ini, salah satu makam yang ditaburi bunga adalah Mantan Menteri Kehakiman periode 1998-1999, Prof. Dr. H. Muladi, SH, MH.

Ning S