blank
Pj. Bupati Jepara (tengah) didampingi Kapolres Jepara dan Pratikno politisi Partai Nasdem.

JEPARA (SUARABARU.ID)- April merupakan bulan istimewa bagi masyarakat Jepara. Pasalnya, selain ditetapkan sebagai bulan di hari jadi Jepara yang jatuh setiap 10 April, juga sebagai penanda lahirnya perempuan hebat dari Jepara yang dikenal dunia, yakni RA. Kartini.

blank
Menuju makam Ratu Kalinyammat di Astana Hinggil Mantingan.

Seperti sudah menjadi tradisi menjelang hari jadi Jepara, Pemerintah Kabupaten Jepara dalam hall ini Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta melaksanakan ziarah ke makam para leluhur Jepara, Kamis (4/4/2024).

Tradisi ini menjadi rangkaian kegiatan Hari Jadi Jepara. Biasanya ziarah dilakukan pada 8 April, atau dua hari jelang puncak peringatan. Namun, kali ini dilakukan lebih awal.

Turut mendampingi Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepala Kejaksaan Negeri Jepara Muhammad Ichwan, Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno, Kasdim 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifuddin Widianto, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Ziarah diawali dari makam Sayyid Abu Bakar Alhadad di Kelurahan Panggang, lalu makam Pangeran Syarif di Kelurahan Saripan, kemudian makam Tjitrosomo II di Kelurahan Bapangan.

Berikutnya ke makam Tjitrosomo I di Desa Sendang, lalu  makam Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin di Desa Mantingan. Ziarah berakhir di makam Mbah Daeng, atau Habib Muhammad bin Syekh bin Abdurrahman bin Yahya di Desa Krapyak.

Penjabat Bupati Jepara H. Edy Supriyanta mengatakan, ziarah ke makam leluhur merupakan tradisi yang selalu dilaksanakan menjelang Hari Jadi Jepara. “Adat istiadat ini perlu kita lestarikan agar anak cucu kita tahu bahwa leluhur kita merupakan para pejuang yang telah banyak berkorban untuk Jepara,” kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Hari Jadi Ke-475 Jepara yang sejatinya dilaksanakan pada 10 April bertepatan dengan Idulfitri. Sehingga peringatannya disesuaikan pada 18 April 2024 mendatang. “Rencananya upacara akan dihadiri langsung oleh Pak Pj. Gubernur Jateng sebagai inspektur upacara. Mudah-mudahan berjalan lancar,” ungkapnya.

Saat ziarah ke makam-makam leluhur Jepara, Penjabat Bupati beserta rombongan tampak khusyuk. Mereka mendoakan para leluhur agar mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT.

ua/diskominfo

blank