blank
Bersama PJU Polres Wonogiri, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (ketiga dari kiri), memimpin pengechekan kondisi Ranmor dinas kepolisian yang dipersiapkan untuk mendukung Operasi Ketupat Candi 2024.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, memasang rambu tambahan pada ruas jalan yang masuk pemetaan rawan kecelakaan atau black spot. Rabu (3/4), Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, mengechek kesiapan kendaraan bermotor (Ranmor) dinas yang akan dipakai pengamanan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024.

Kepala Dishub Wonogiri, Waluyo, menyatakan, pemasangan rambu tambahan pada ruas jalan yang berpotensi rawan kecelakaan atau balck spot, dilakukan bersama jajaran Satlantas Polres Wonogiri Pimpinan Kasatlantas AKP Edy Prasetyo. Jenisnya, rambu lalu lintas untuk memperingatkan agar pemakai jalan bersikap berhati-hati, fokus dalam mengemudi dan mengurangi kecepatan demi mengedepankan aspek keselamatan.

Kepada para pemudik yang bertujuan ke Wonogiri atau melintas wilayah Wonogiri dengan tujuan ke Ponorogo dan Pacitan (Jatim), diimbau untuk memperhatikan situasi dan kondisi ruas jalan. Termasuk pada ruas jalan yang masuk dalam pemetaan black spot.

Ruas jalan yang masuk blac spot itu, diantaranya pada jalur Wonogiri-Ngadirojo, yakni bagian ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo dan Pacitan (Jatim). Juga ruas jalan antara Terminal Induk Bus Giri Adi Pura Krisak ke jurusan Selogiri, yang merupakan bagian jalur Wonogiri-Solo.

Ramp Chek

Sebelumnya, Dishub Wonogiri bersama Jasa Raharja dan Satlantas Polres Wonogiri, melakukan ramp chek dalam kegiatan inspeksi keselamatan Lalu Lintas Angkutan Umum (orang) di Terminal Giri Adi Pura Wonogiri. Yakni upaya identifikasi dini terhadap potensi penyebab kecelakaan lalu lintas. Termasuk memeriksa kesiapan Bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP), bersama kondisi kesehatan pengemudinya. Tujuannya, agar bus yang melayani pengangkutan orang, benar-benar dalam kondisi laik jalan.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah bersama Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, Rabu (3/4), melakukan pengecekan fasilitas Ranmor dinas yang dipersiapkan untuk mendukung pengamanan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024. Utamanya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024.

Pemeriksaan Ranmor dinas kepolisian, digelar dalam apel di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri. Pengechekan dilakukan untuk memastikan kondisi kelaikan Ranmor, dalam persiapan pengemanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024.

Kata Kapolres, pengechekan Ranmor dinas ini, merupakan salah satu fungsi kontrol atau pengawasan berkala. Tujuannya, untuk memastikan kondisi Ranmor dinas beserta sarana prasarana (Sarpras) pendukungnya harus benar-benar siap, ketika besok mulai dioperasionalkan dalam pengamanan arus mudik Lebaran. Yang ini, menuntut personel pemakainya harus punya tanggungjawab untuk merawatnya.
Bambang Pur