Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (keempat dari kanan) memberikan pengarahan saat melakukan cheking pendirian pos Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024.(Dok.Humas Polres Wonogiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri telah melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024. Termasuk mendirikan 7 pos pengamanan dan pelayanan, termasuk 3 diantaranya di wilayah perbatasan antarprovinsi.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anoim Prabowo, mengabarkan,
7 (tujuh) pos lebaran yang didirikan, terdiri dari 1 Pos Terpadu yang berada di depan Terminal Induk Bus Giri Adi Pura, 3 Pos Pengamanan yang  berada di depan Pasar Kota Wonogiri, di Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur dan di perempatan Pasar Pracimantoro. Berikut 2 Pos Pelayanan berada di simpang tiga Kecamatan Giriwoyo dan di depan Pasar Purwantoro, serta 1 pos Sinergitas TNI-Polri di sekitar alun alun wonogiri.

Dari 7 pos tersebut, tiga diantaranya berada di wilayah perbatasan antarprovinsi. Yakni Pos di Pracimantoro merupakan wilayah perbatasan Wonogiri (Jateng)-Gunungkidul (DI Yogyakarta, Pos di Purwantoro sebagai wilayah perbatasan Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim), dan Pos di Giriwoyo yang merupakan perbatasan Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim).

Semua pos lebaran di Kabupaten Wonogiri, didirikan di sejumlah titik strategis. Pos-pos tersebut, dilengkapi dengan fasilitas sarana prasarana (Sarpras) pendudukung kelancaran tugas. Petugas yang akan berjaga di Pos Lebaran, dilakukan secara gabungan dari unsur TNI-Polri bersama Dinas Pehrubungan (Dishub) dan dari dinas instansi serta pihak terkait lainnya.

Harapannya, dengan pendirian 7 pos lebaran tersebut, akan tercipta situasi perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 di Kabupaten Wonogiri, berlangsung aman, nyaman dan kondusif, serta terjauhkan dari ancaman tindak kriminalitas maupun bentuk kekacauan lainnya.

Arus Mudik

Melalui Operasi Ketupat Candi 2024 yang didukung para pihak ini, pemberian pelayanan dan pengamanan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 juga dilakukan kepada arus mudik dan arus balik.Termasuk kiat mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Berkaitan hal tersebut, Selasa (2/4), Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, melakukan cheking ke sejumlah pos lebaran. Ini sekaligus sebagai persiapan dalam menyongsong diberlakukan Operasi Candi Ketupat 2024 yang akan dimulai Kamis (4/4) lusa.

Kepada masyarakat diimbau agar selalu menjaga keamanan dirinya masing-masing, setiap kali aktifitas di tempat keramaian. Imbauan ini, disampaikan melalui berbagai mass media, termasuk lewat spanduk, banner dan via media sosial (Medsos).

Khusus kepada arus mudik, diserukan untuk mengedepankan aspek keselamatan dan berlalulintas. Yakni berkendaraan dengan berhati-hati, senantiasa mematuhi rambu lalu lintas, dan jangan memaksa diri ketika merasa lelah atau mengantuk.

Utamanya kepada para pengemudi transporitasi umum dan pemudik yang pulang kampung ke Wonogiri, harap melakukan cheking kesiapan kendaraannya. Pastikan semua komponennya oke dengan mengutamakan aspek safrety.
Bambang Pur