blank
Danramil-11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Arh) Hadi Santoso (berdiri kiri) membagikan Majalah Diponegoro, untuk tamabahan referensi para siswa.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Didorong rasa ingin mengetahui tugas pokok fungsi (Tupoksi) Tentara Nasional Indonesia (TNI), para siswa SMP Negeri 1 Manyaran, Wonogiri, melakukan outing class (pembelajaran di luar kelas). Yakni dengan melakukan kunjungan ke Markas Koramil-11 di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, para siswa yang melakukan outing class tersebut, diterima langsung oleh Komandan Koramil (Danramil)-11/Manyaran, Kapten (Arh) Hadi Santoso.

Para siswa menyampaikan, keinginan tau tentang Tupoksi aparat TNI, sebagai tambahan bekal untuk memperluas wawasan dalam pembelajaran di luar kelas. Baik itu tentang tugas TNI tentang Operasi Militer Selain Perang dan Operasi Militer Perang.

Danramil-11 Manyaran, kapten (Arh) Hadi Santoso, menyatakan,
Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu tidak melibatkan penggunaan atau ancaman kekerasan, namun lebih mengutamakan pemberian bantuan kemanusiaan. Ini sebagaimana dilakukan jajaran TNI dalam ikut serta mendukung penanggulangan bencana.

Kemudian mengenai Operasi Militer Perang (OMP), adalah aksi perencanaan dan pengaturan angkatan militer. Operasi militer dilakukan secara terpadu, dengan melibatkan operasi udara, operasi darat dan operasi laut. Ini dilakukan untuk tujuan keamanan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada Kesempatan itu, Danramil juga menyampaikan beberapa arahan, seperti tentang pentingnya para siswa meningkatkan kedisiplinan perorangan maupun kelompok. Baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di sekolah.

Kepara para siswa juga diberikan tambahan bekal, untuk senantiasa mempertebal rasa semangat kebangsaan dan jiwa patriotisme. Ini penting, untuk menciptakan rasa kebersamaan dalam kelompok. Juga sebagai upaya menciptakan tindakan yang cekatan dan bertanggung jawab.

Diakhir kegiatan outing class ini, Danramil-11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri Kapten (Arh) Hadi Santoso, memberikan Majalah Gema Diponegoro. Tujuannya, untuk menambah kelengkapan referensi bagi para siswa, dalam upaya mencari tambahan bekal pengetahuan kepada murid.
Bambang Pur