blank
Pembukaan Pesta Siaga Pramuka tingkat Kabupaten Magelang, Sabtu 2/3. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARA BARU.ID) – Pada era modern saat ini, Gerakan Pramuka terus bertransformasi sesuai dengan kebutuhan zaman. Pramuka tidak lagi hanya fokus pada kegiatan-kegiatan luar ruangan semata, tetapi juga beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tantangan global.

Dengan kondisi tersebut, diharapkan agar setiap kegiatan yang diselenggarakan dan dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka di Kabupaten Magelang, terus berusaha menjaga dan memperkuat nilai-nilai luhur lokal dan nasional. Sambil membuka diri terhadap nilai-nilai universal yang relevan dengan tantangan global yang dihadapi generasi muda saat ini.

Hal itu disampaikan Bunda Pramuka Kabupaten Magelang, Medina Tri Novarasari, saat membuka Pesta Siaga Cabang tingkat Kabupaten Magelang 2024 yang dilaksanakan di halaman depan Setda Kabupaten Magelang, Sabtu (2/3/2024). Tujuan kegiatan tersebut untuk mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, meningkatkan karya dan bakti Gerakan Pramuka bagi masyarakat, serta mempererat hubungan Gerakan Pramuka dengan para pemangku kepentingan.

Lebih lanjut, Medina mengajak para pemangku kepentingan untuk lebih menaruh perhatian supaya gerakan Pramuka di Kabupaten Magelang lebih ditingkatkan, baik dari sisi kemampuan maupun keterampilan bagi para anggota. Melalui berbagai kegiatan yang terarah dan berkesinambungan. Nantinya kepramukaan di Kabupaten Magelang dapat ikut andil dalam kancah yang lebih tinggi.

“Kepada peserta Pesta Siaga, Bunda berharap, kembangkanlah bakatmu, asahlah pikiranmu dan tingkatkanlah terus keterampilanmu demi masa depan bangsa dan negara, serta kejayaan Ibu Pertiwi. Karena di tanganmulah kelak nasib bangsa dan negara ini ditentukan,” tuturnya.

Medina berharap kepada peserta, harus bisa mengembangkan dan meningkatkan rasa kekeluargaan, persaudaraan, kerja sama yang baik antar sesama anggota Pramuka dan harus memiliki mental yang kuat, moral yang baik yang terus tertanam dalam hati. Serta mempunyai rasa tanggung jawab, semangat dan sikap berbakti kepada orang tua dan pembina Pramuka.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara Pesta Siaga Kwarcab Magelang, Sriyono, menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Pesta Siaga itu sebagai wahana pertemuan besar para pramuka siaga yang menarik, menyenangkan, dan menantang. Pesertanya sebanyak 336 orang, terdiri 168 siaga putra dan 168 siaga putri dari 21 barung putra dan 21 barung putri.

Eko Priyono