blank
REKAPITULASI - Proses rekapitulasi di salah satu kecamatan di Batang. (Foto: Istimewa)

BATANG (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang menargetkan rekapitulasi suara rampung besok pada tingkat Kecamatan.

“Jadi besok (Minggu, 25/2/2024, red)) kami akan menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat kecamatan melihat pada hari ini yang belum selesai hanya Kecamatan Batang saja,” kata Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Batang Khikmatun saat ditemui usai meninjau rekapitulasi di Halaman Kantor Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Sabtu (24/2/2024).

Sudah ada 14 Kecamatan yang sudah menyelesaikan rekapitulasi suara pada tingkat Kecamatan seperti Tulis saat ini. “Rekapitulasi suara yang belum selesai berarti tinggal Kecamatan Batang, makanya besok akan ditargetkan selesai. Proses penghitungan suara sendiri telah dimulai sejak enam hari lalu. Tetapi pada hari Selasa ada penundaan dari KPU Pusat jadinya semua rekapitulasi ini dihentikan juga,” jelasnya.

Menurutnya, selama proses rekapitulasi yang dilakukan oleh jajarannya, proses rekapitulasi masih berlangsung dengan kondusif dan lancar. Hanya tadi ada salah input kembali dari internal PPK Tulis yang tadi sudah kita koreksi bersama dengan para saksi-saksi yang hadir supaya dibenarkan.

“Sampai saat ini belum ada hambatan, penghitungan juga berjalan lancar, suasana rapat pleno juga kondusif bersama saksi ataupun pengawas kecamatan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, nantinya hasil rekapitulasi suara tingkat kecamatan akan dibawa untuk diserahkan ke KPU Kabupaten Batang yang akan dilakukan rekapitulasi tingkat Kabupaten dan Kota.

Untuk rekapitulasi suara tingkat Kabupaten dan Kota akan dilakukan pada 28 Februari 2024 berlokasi di KPU Kabupaten Batang. Rekapitulasi suara yang berjalan di Kabupaten Batang masih sesuai prosedur yang sudah ditetapkan oleh KPU Pusat.

“Mudah-mudahan proses rekapitulasi yang berjalan sekarang ini akan selesai sesuai waktu yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.

Nur Muktiadi