blank
Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi dalam kegiatan Apel Pergeseran Pasukan dalam pengamanan Pemilu 2024. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

“Petugas yang kita berangkatkan hari ini yakni 15. 647 personel Polri, 3.732 personel TNI yang terdiri dari Angkatan Darat Angkatan, Laut dan Angkatan Udara yang akan bertugas di 558 Polsek jajaran Polda Jawa Tengah. Untuk Pemprov Jateng sendiri menugaskan 237.882 orang anggota Sat linmas, guna mendukung pelaksanaan pengamanan di TPS,” ungkap Nana.

Dalam kesempatan tersebut, Nana juga menegaskan terkait Netralitas serta kondisi beberapa wilayah yang terdapat kerawanan dalam tahap pemungutan suara.

“Pesan saya agar para petugas pengamanan Pemilu bisa menjalankan tugasnya dengan baik, jujur dan Netral, serta mampu mengawasi pelaksanaan pemungutan suara demi terwujudnya pemilu yang jujur dan adil,” tandasnya.

Ia mengingatkan bahwa sebagian besar Provinsi Jawa Tengah kondisinya rawan sedang. “Kita memiliki 7 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang masuk dalam kategori rawan tinggi yaitu Kota Semarang, Sukoharjo, Purworejo, Temanggung, Wonosobo, Magelang dan Kendal. Kita waspadai situasi di 7 wilayah tersebut, dan kita siaga penuh dalam pelaksanaan masa tenang serta pemungutan suara,” imbuhnya.

Kaitannya dengan bencana alam yang terjadi di beberapa daerah PJ Gubernur Jateng menyampaikan telah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan.

Kepada awak media, Kapolda Jateng, Luthfi menjelaskan terkait langkah yang ditempuh dalam pengamanan tahap pemungutan suara di lokasi terdampak banjir.

“Untuk wilayah Demak (terdampak banjir), saya sudah koordinasi dengan KPU. Hari ini dilakukan pengecekan terhadap 15.000 pengungsi. Untuk pengungsi sebagian dari wilayah Demak ada yang akan digeser ke Kudus, sehingga hari ini rekomendasinya dari 15.000 pengungsi yang tersebar di 117 TPS akan kita rekomendasikan untuk mengadakan susulan. Itupun masih menunggu petunjuk dari KPU Pusat yang mengeluarkan rekomendasi,” ungkap Luthfi.

Sebelumnya Polda Jateng telah menyiapkan kurang lebih 22 ribu anggota TNI-Polri untuk pengamanan pemungutan suara di seluruh wilayah Polda jateng yang terbagi menjadi 117. 299 TPS, yang sudah dikategorikan sesuai kerawanan, diantaranya 9 TPS ‘Sangat Rawan’, 549 TPS ‘Rawan’ dan 116. 741 TPS ‘Kurang Rawan’.

Ning S