Sepeda motor berknalpot tidak standard yang suaranya amat sangat bising terlihat di diamankan di Mako Sat Lantas Polresta Surakarta. Foto: RestaSka

SURAKARTA (SUARABARU.ID)– Polresta Surakarta mengandangkan 45 unit sepeda motor usai acara kampanye di Beteng Vasternburg, Sabtu (10/2/2024).

Tindakan tegas pihak berwajib dilakukan karena sepeda motor yang dikandangkan berknalpot tidak sesuai spesifikasi sehingga memunculkan suara bising.

“Tim gabungan Polresta Surakarta mengamankan 45 sepeda motor bersuara bising itu di wilayah Jebres Solo. Pengakuan pengendara, mereka usai menghadiri kampanye terbuka salah satu partai di Beteng Vastenburg kota Solo,” ungkap Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Iwan Saktiadi, SIK.MH MSi.

Kapolresta Surakarta membeberkan, sebelum melakukan penindakan terhadap sepeda motor bermasalah, tim gabungan Polresta Surakarta melaksanakan kegiatan pengamanan kampanye terbuka di beteng Vasternburg Solo.

Saat itu diperoleh informasi bahwa di wilayah Jebres banyak sekali massa salah satu partai mengendarai sepeda motor berknalpot tidak sesuai spesifikasi.

Knalpot yang tidak sesuai spesifikasi pabrikan itu suaranya memekakkan telinga, sehingga membuat resah warga sekitar lokasi.

Petugas pun langsung mendatangi lokasi dan ternyata informasi dari warga benar adanya.

Berikutnya, pengendara berikut sepeda motor berperedam suara tidak standar langsung digelandang ke Mako Sat Lantas Polresta Surakarta untuk dilakukan penindakan sesuai prosedur Tilang.

“Apabila pemilik hendak mengambil sepeda motornya, diwajibkan mengganti terlebih dahulu knalpotnya dengan knalpot yang standar,” jelasnya.

Pada bagian lain keterangannya Kombes. Pol. Iwan Saktiadi, SIK.MH MSi, menambahkan, sebelumnya Polresta Surakarta sudah memberikan himbauan kepada warga masyarakat yang hendak menghadiri kampanye terbuka dalam rangka menyongsong pemilu 2024 yang damai agar mematuhi peraturan lalu lintas.

Terutama terkait larangan penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi dalam rangka menyongsong pemilu 2024 yang damai. Pihaknya meyakini dan percaya kepada seluruh pimpinan Partai dan masyarakat kota Surakarta mudah-mudahan bisa memahami dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Dalam rangka pengamanan kampanye terbuka dalam bentuk Kegiatan Hajatan Rakyat Bukan Pesta Konglomerat “Gotong Royong” di Beteng Vasternburg Polresta Surakarta menerjunkan 1.277 personel.

Juga menyiapkan sembilan lokasi parkir untuk kendaraan bermotor roda empat dan tujuh tempat parkir untuk motor roda dua, terangnya.
Bagus Adji