blank
Saat melaksanakan verifikasi lapangan tim penilai didampingi Pj. Bupati Jepara beserta rombongan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Jawa Tengah 2024, Pemkab Jepara mengajukan Inovasi Wadah Edukasi Terintegrasi atau disingkat Waduk Teri.

Kreasi baru terkait pemanfaatan lahan pekarangan rumah ini diyakini bakal meraih juara pertama PPD Jateng. Itu setelah sukses menempatkan Bumi Kartini di peringkat tiga besar.

Tim penilai dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jateng, yang diimpin oleh Ketua tim Hermawan, Rabu (7/2/2024) telah meninjau sekaligus menilai lokasi-lokasi yang sudah mengaplikasikan Waduk Teri. Ada tiga lokasi yang dituju, KBD Krasak, BPP Tengguli, dan BBI Pecangaan.

Sebelum meninjau, rombongan itu diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta di Pendopo Kartini. Didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Asisten I dan II Sekda Jepara, serta sejumlah kepala perangkat daerah terkait.

Disampaikan Pj. Bupati H. Edy, bahwa luasan wilayah Kabupaten Jepara tergolong kecil. Namun, memiliki potensi pertanian dan perikanan. Hal inilah yang mendorong pemerintah berinovasi. Menggairahkan warga untuk produktif lewat pemanfaatan lahan pekarangan di sekitar rumah

blank
Tim penilai dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jateng, yang diimpin oleh Ketua tim Hermawan saat kunjungi Waduk Teri

Adanya inovasi itu, memudahkan masyarakat mendapat pengetahuan budi daya tanaman dan ikan di pekarangan rumah. Selain bisa menciptakan sumber panganan keluarga, juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. “Termasuk penanganan stunting, mengajak generasi muda untuk melakukan budi daya dengan metode smart farming,” tuturnya.

Gerakan tersebut, kini sudah diintegrasikan dengan beberapa dinas dan organisasi terkait. Seperti Tim Penggerak PKK yang beberapa waktu lalu juga telah mengikuti lomba gerakan menanam cabai tingkat nasional.

Selain itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga juga mengadakan karyawisata bagi anak sekolah di sekitar area pembibitan. Upaya ini sebagai bentuk sosialisasi sejak usia dini. “Saya harap ini akan memberikan output dan outcome kepada masyarakat Jepara,” kata dia.

Saat melaksanakan verifikasi lapangan tim penilai didampingi Pj. Bupati Jepara beserta rombongan. Ada tiga lokasi yang dituju, KBD Krasak, BPP Tengguli, dan BBI Pecangaan. “Semoga kita mendapatkan hasil yang terbaik, kalau bisa juara satu,” tandasnya.

Hadepe