blank
Tim Cheerleading ESPERO menjadi Juara dalam  kompetisi Indonesian Cheer Association (ICA) 2024, di Gelanggang Olahraga (GOR) Satria Kota Semarang, Minggu (28/01/2024). Foto : Dok

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Cheerleading atau Pemandu Sorak ESPERO atau dari SMP Negeri 2 Kota Semarang, menjadi Juara dalam kompetisi pemula Indonesian Cheer Association (ICA) 2024, yang digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Satria Kota Semarang, Minggu (28/01/2024).

Ketua ICA Jateng, Sabna Faradila mengatakan, kejuaraan yang diikuti Ratusan atlet cheerleading atau pemandu sorak se-Jawa Tengah (Jateng) itu menempatkan tim ESPERO menjadi juara setelah mengalahkan tim lainnya.

Dan kompetisi pemandu sorak kali ini, merupakan ajang yang diperuntukkan bagi cheerleading pemula.

ICA menginisiasi kompetisi tersebut, dengan tujuan memasyarakatkan cheerleading sebagai olahraga yang diakui secara resmi di Indonesia.

“Rutin tiap tahun digelar ICA Cup di Kota Semarang. Dikemas dalam bentuk kompetisi, bentuk kejuaraan supaya sekaligus mengasah skill lebih lanjut baik tingkat daerah maupun nasional,” kata Sabna saat ditemui usai kejuaraan, Minggu malam.

Dalam kejuaraan ini, lanjutnya, ada sebanyak 430 atlet dari 15 tim mengikuti ICA Cup 2024 dan dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori Yunior, yang diikuti oleh 8 tim dan kategori Senior, yang diikuti oleh 15 tim

“Hasil akhir dari Kejuaraan ini, untuk Juara kategori  yunior  Cherrs Basic Routine diraih oleh tim  ESPERO Cherrs , juara dua oleh tim Spyder dari SMP 21 dan  juara ketiga diraih oleh tim SMP 5,” kata Sabna.

Sedangkan untuk kelas divisi basic senior, imbuhnya,  juara pertama diraih oleh GGC Thunder dari SMA 3 Semarang, juara dua diraih tim Lion dari SMA PL Don Bosco dan juara ketiga diraih SMA 3 Semarang.

Kapten tim ESPERO Kiara Warnoto Putri saat ditemui Wartawan mengungkapkan kegembiraannya, Ia mengaku senang bisa meraih juara bersama timnya.

“Rasanya seneng bisa meraih juara satu, kami ingin berlatih lebih keras lagi agar bisa meraih prestasi yang lebih tinggi di tingkat nasional dan internasional,” kata Kiara yang mengaku masih duduk di kelas 9 e ini.

Pembina ESPERObZaenal Arifin juga mengaku senang dengan kemenangan tim yang dibinanya dan tidak menyangka bisa meraih juara di kejuaraan ini, karena persiapan cukup mepet hanya 1-2 bulan dengan konsekuensi latihan rutin setiap hari.

“Alhamdulillah, kami bisa meraih juara dan mendapatkan piala bergilir di tahun ini. Untuk kejuaraan ini kami menurunkan 3 tim yaitu ESPERO pink, ESPERO blue dan ESPERO white, dengan meraih juara,” kata Zaenal kepada Wartawan.

Zaenal juga menegaskan, tim yang menjadi juara saat ini, akan dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan Cherrleading di Bali pada bulan September 2024 mendatang.

“Target kami ikut dalam kejuaraan internasional di Bali, sehingga uang pembinaan dari walikota akan kami tabung untuk persiapan ikut di Bali ” kata Zaenal.

Wali Kota Tambah Hadiah

Sebelumnya Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu berjanji akan  menambah hadiah dengan uang pembinaan bagi atlet pemandu sorak. Karena menurutnya, penambahan hadiah itu tak lain sebagai apresiasi sekaligus dukungan penuh atau penyemangat terhadap olahraga cheerleading.

“Saya tadi tanya, hadiahnya hanya piala, medali, dan sertifikat. Saya tambah uang pembinaan biar lebih semangat lagi, bisa untuk beli seragam atau kebutuhan lainnya. Karena Pemerintah Kota Semarang terus mendorong anak-anak muda kita menyalurkan bakatnya ke jalur yang positif,” kata Mbak Ita sapaan akrabnya.

Dituturkan pulanoleh Mbak Ita, bahwa aktivitas yang tergolong olahraga rekreasi tersebut, nantinya akan diberikan ruang dan fasilitas di Kota Semarang, salah satunya melalui ajang kompetisi yang akan diagendakan setiap tahun.

“Even seperti ini terus kami dorong untuk digelar lebih besar lagi, termasuk makin tersosialisasikan supaya apresiasi terhadap kreasi anak-anak muda ini lebih banyak,” ujarnya.

Absa