blank
Wapres Maruf Amin didampingi Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana dan Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu berkeliling melihat fasilitas RS Wongsonegoro Semarang, Jumat 27 Januari 2024. Foto: Pemprov Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mendampingi kunjungan kerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Rumah Sakit Wongsonegoro (RSWN), Kota Semarang, Jumat, 26 Januari 2024.

Rombongan tiba di RS Wongsonegoro sekira pukul 16.00 WIB. Ma’ruf mengapresiasi pelayanan rumah sakit yang sudah dilakukan secara digital. Bahkan menggunakan robot untuk memandu pengunjung atau pasien ke ruangan yang diharapkan.

Pelayanan juga sudah modern dengan memadukan layanan kesehatan tradisional seperti akupunktur, pijat anak bayi, dan jamu.

“Ini rumah sakit yang cukup representatif. Saya mengapresiasi rumah sakit ini. Sudah digital, kemudian memadukan pelayanan modern dan tradisional,” katanya.

Salah satu yang juga menjadi perhatian Wapres adalah rumah sakit difokuskan untuk pelayanan kuratif dan rehabilitasi. Sementara yang sifatnya preventif promotif sudah bekerja sama dengan Puskesmas.

“Kita harapkan ada peningkatan lagi. Pendekatan yang dilakukan kepada anak juga baik dengan memakai pakaian badut, sehingga menghilangkan trauma anak dengan rumah sakit,” kata dia.

Adapun terkait dengan upaya preventif dan promotif, juga dilakukan oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melalui Kepala Dinas Kesehatan  Jateng, Yunita Dyah Suminar mengatakan, dalam menjaga kesehatan, masyarakat diharapkan melakukan upaya preventif promotif.

“Jangan sedikit-sedikit berobat, tapi utamakan pencegahan,” kata dia.

Pemprov Jateng juga terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga pola hidup sehat agar bisa meminimalisir penyakit.

“Pj Gubernur Jateng menyampaikan ini, tentu akan terus didorong supaya semuanya menyukseskan program preventif promotif,” katanya.

Diaz Aza