blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melakukan pengecekan personel dan kelengkapannya, sebagai persiapan pengamanan kampanye terbuka yang akan dimulai Minggu (21/1) besok.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Selama tiga pekan ke depan, terhitung mulai Minggu (21/1) besok sampai dengan Sabtu (10/2) mendatang, secara nasional akan digelar kampanye terbuka atau rapat akbar Pemilu 2024.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, berkaitan hal tersebut, Sabtu (20/1), Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah memimpin gelar apel kesiapan pengamanan. Apel dilaksanakan di halaman Mapolres Wonogiri dan diikuti oleh seluruh personel Mapolres Wonogiri.

Dalam kesempatan itu, Kapolres melakukan pemeriksaan pasukan dan meneliti kelengkapan peralatannya. Ikut hadir Wakapolres Kompol Heru Sanusi bersama para Pejabat Utama (PJU), para Kapolsek se jajaran dan seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2024.

Dalam sambutannya, Kapolres, mengatakan, pengecekan personel plus peralatannya sangatlah penting. Tujuannya, untuk mengoptimalkan persiapan personel yang bertugas mengamankan tahapan Pemilu, khususnya kampanye terbuka dan rapat umum.

”Karena mulai besok, kita sudah memasuki tahapan kampanye terbuka dan sebentar lagi pencoblosan,” tegas Kapolres. Maka dari itu, tambah Kapolres, perlu dilakukan pengecekan kesiapan personel beserta kelengkapan peralatannya.

Maksimal

Ada ratusan anggota Polres Wonogiri yang diterjunkan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024. Mereka bertugas menjaga keamanan di banyak tempat. Yakni di semua TPS (Tempat Pemungutan Suara), Kantor KPU (Komisi Pemilihan umum) dan gudangnya, serta tempat strategis lainnya.

Kata Kapolres, Kantor Bawaslu juga menjadi prioritas pengamanan, dan sejumlah tempat strategis lainnya ikut menjadi pantauan. Para personel yang bertugas mengamankan Pemilu 2024, dibekali peralatan termasuk jas hujan, borgol, tongkat Polri dan juga peralatan lainnya. Hal itu menjadi bagian dari protap kepolisian, dengan tujuan memastikan semuanya baik-baik saja.

Selain peralatan, nanti sebelum pelaksanaan pengamanan hari H pencoblosan di TPS, seluruh anggota akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini, guna memastikan anggota benar-benar dalam keadaan sehat dan siap untuk melaksanakan tugas pengamanan.

”Kami berkomitmen untuk memberikan pengamanan yang maksimal selama tahapan Pemilu,” tandas Kapolres. Apel pengecekan personel dan peralatannya ini, sebagai upaya persiapan untuk senantiasa tanggap dalam mengantisipasi potensi gangguan keamanan. Utamanya pengamanan kampanye terbuka dan rapat umum, serta pengamanan pada tahapan Pemilu selanjutnya.
Bambang Pur