blank
Kegiatan temu akbar Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se-Jawa Tengah. Foto: Dok/Pendam

BLORA (SUARABARU.ID) – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Tandyo Budi R, S.Sos mendampingi kunjungan kerja Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P., dan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Kridosono Blora, Kamis (18/1/2024) ini juga diikuti 5.000 Babinsa dalam rangka temu akbar Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se-Jawa Tengah, dengan tujuan meningkatkan kualitas pertanian.

Kehadiran Pangdam IV/Diponegoro guna menunjukkan komitmen TNI terhadap upaya pemerintah dalam mengembangkan sektor pertanian. Hal ini bertujuan agar dapat memastikan bahwa semua lapisan masyarakat turut serta terlibat dalam upaya meningkatkan kualitas pertanian dan peternakan di daerahnya, terutama mengoptimalkan peran LMDH se-Jawa Tengah.

Kapendam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Richard Harison, S.I.P., mengatakan, selama acara, para peserta, termasuk penyuluh pertanian dan Babinsa diimbau untuk terlibat aktif dalam mendukung keberhasilan program peningkatan produksi pangan Nasional. Pangan adalah suatu komoditas yang strategis, sehingga perlu adanya perhatian khusus untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat desa.

Kegiatan ini menunjukkan pentingnya kerja sama antara seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan pertanian yang berdaya saing dan tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat lokal.

“Dengan peran aktif Kodam IV/Diponegoro, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi model kolaborasi efektif antara unsur TNI, pemerintah, dan masyarakat dalam mengembangkan sektor pertanian, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di masa mendatang,” tuturnya.

Hadir dalam acara tersebut PJ Gubernur Jateng, Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana A.S., M.M., Menteri Koordinator PMK, Anggota DPR RI Komisi VI, Danrem 073/MKT, Forkopimda Kab. Blora, sejumlah tokoh masyarakat, kelompok Tani se-Kabupaten Blora, penyuluh pertanian se-Kabupaten Blora, dan LMDH se-Kabupaten Blora.

Ning S