blank
PELATIHAN - PMR SMA Negeri 1 Kota Tegal mendapat pelatihan Bantuan Hidup Dasar. (Foto: Istimewa)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (Ikasma) Tegal, memberikan bekal pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri 1, di Aula SMA Negeri 1 Kota Tegal, Senin (15/1/2024) sore.

Sebanyak 50 siswa hadir mengikuti materi yang diberikan langsung oleh dr Wikanti Deviantari yang juga alumni SMA Negeri 1 Kota Tegal.

Saat membuka pelatihan Ketua Umum Ikasma Tegal Dr Ir Tafakurrozak MH mengatakan, pelatihan dasar yang diberikan adalah untuk mempertajam kemampuan dan keahlian para siswa-siswi ekskul PMR di SMA Negeri 1 Kota Tegal.

“Meskipun secara basic mereka sudah memiliki bekal penanganan namun di pelatihan ini lebih fokus diajarkan mengenai Bantuan Hidup Dasar (BHD),” kata Rozak sapaan Tafakurrozak.

Hal itu kata Rozak sebagai upaya pertolongan pertama ketika menemui atau menjumpai kegawatdaruratan seperti orang sesak nafas, tersedak, jantung dan orang tenggelam.

Sehingga para peserta sudah memiliki kesigapan dan keahlian penyelamatan. Keahlian tersebut bisa bermanfaat tidak hanya di sekolah tetapi di lingkungan masyarakat atau dimanapun berada. “Kami berharap para peserta juga bisa menularkannya kepada generasi selanjutnya,” ucapnya.

Salah satu siswa PMR SMA Negeri 1 Hartati mengatakan, dengan adanya pelatihan seperti ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan kepada siswa PMR. Biasanya pelatihan hanya sebatas pengetahuan dasar pertolongan saja. Tetapi dengan pelatihan ini siswa menjadi lebih tahu secara detail tentang pertolongan pertama ketika menjumpai orang sesak nafas, jantung, tersedak maupun tenggelam.

Pemateri tentang Bantuan Hidup Dasar dr Wikanti Deviantari mengungkapkan, bahwa keahlian ini perlu dimiliki siswa-siswi PMR sehingga ketika menjumpai kegawatdaruratan tersebut bisa segera menanganinya.

“Selain teori, pelatihan juga dibarengi dengan praktek langsung yang dibantu dari rekan-rekan PSC 119 Kota Tegal,” tutup Wikanti.

Sutrisno