blank
Regu Damkar Pemkab Wonogiri, melakukan pertolongan penangkapan ular yang memangsa ayam piaraan di kandang unggas milik warga.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Hati-hati dan waspadalah, di musim hujan awal sekarang ini. Karena banyak ular yang melakukan ekspansi ke pemukiman. Utamanya bagi warga yang rumahnya berdekatan dengan kawasan hutan, tegalan, awah, sungai dan aliran kali.

Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, dalam sepekan terakhir ini, sudah tiga kali mengevakuasi ular di kandang ayam milik warga.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, Kamis (11/1), menyatakan, tiga kali penangkapan ular tersebut selalu berlangsung pada waktu tengah malam. Yakni bertempat di kandang unggas milik Sugiyanto di Lingkungan Banaran, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Dalam tiga kali penangkapan, dievakuasi sebanyak tiga ular jenis Sawa Kembang yang memangsa ayam piaraan di kandang milik Sugiyanto. Itu berlangsung pada Hari Selasa (2/1), Hari Sabtu (6/1) dan Hari Rabu (10/1).

Penangkapan pertama, dilakukan oleh Regu I Damkar Pemkab Wonogiri Pimpinan Danru Sriyanto Kembo. Kemudian penangkapan kedua dan ketiga, dilakukan oleh Regu III Pimpinan Setyo Pamungkas. ”Semua berlangsung pada waktu tengah malam,” jelas Joko Santosa.

Awalnya, ditangkap satu ekor, tapi selang 4 hari kemudian datang lagi satu ekor, dan 4 hari selanjutnya datang kembali satu ekor. ”Jadi totalnya berjumlah tiga ekor ular, yang ditangkap di kandang sama,” jelas Joko Santosa.

Tupoksi

Setiap kali kedatangan ular, selalu saja ada ayam piaraan yang mati, karena dimangsa hewan melata tersebut. Pemilik kandang ketakutan, setiap kali ada ular yang datang. Bahkan punya kekhawatiran, jangan-jangan kandang ayam tersebut masih didatangi ular lagi.

Ular Sawa Kembang atau disingkat Sancaka atau Sanca Batik, adalah ular dari suku Pythonidae, yang dapat besar dan memiliki ukuran tubuh terpanjang di antara ular lain. Ukuran terbesarnya dikatakan dapat melebihi 8.5 Meter (M) dan merupakan ular terpanjang di dunia.

Nama lain Ular Sawa Kembang adalah Ular Sawah. Orang Simelue menyebutnya sebagai sawah-n-etem. Warga Ambon menami sebagai petola. Dalam Bahasa Inggris, disebut reticulated python atau kerap disingkat retics. Sedangkan nama ilmiahnya, yang sebelumnya disebut Python reticulatus, kini diubah genusnya menjadi Malayopython reticulatus.

Selama Tahun 2023, Damkar Pemkab Wonogiri telah melakukan penangkapan ular sebanyak 57 ekor, biawak sebanyak 4 ekor, ngundhuh lebah (tawon) sebanyak 115 kali. Juga memberikan pertolongan melepas cincin sebanyak 22 kali, mengevakuasi kambing kecebur sumur satu kali dan mengambil kucing dari dalam sumur sebanyak dua kali.

Kabid Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, mengatakan, Tupoksi (tugas pokok fungsi) Damkar memberikan pertolongan memadamkan musibah kebakaran. Tapi ada saja warga yang datang meminta bantuan menangkap biawak, ular dan ngundhuh tawon, melepas cincin, mengevakuasi kambing dan kucing yang tercebur sumur.
Bambang Pur