Daop 4 Semarang mencatat stasiun terpadat pada periode Nataru ini yaitu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Pemalang, Stasiun Cepu, Stasiun Ngrombo, dan lainnya. Sedangkan rute favorit pelanggan di wilayah Daoip 4 Semarang yaitu Semarang – Jakarta pp, Semarang – Surabaya pp, Semarang – Bandung pp, Semarang-Solo pp dan lainnya.
“Peningkatan pelanggan pada angkutan Nataru 2023-2024 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di masa Nataru 2019-2020 sebelum pandemi Covid-19, yaitu sebanyak 448.916 pelanggan, sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2024 ini,” jelas Franoto.
Menurutnya, selama 18 hari masa angkutan Nataru ini, di wilayah Daop 4 seluruh perjalanan kereta api berjalan lancar dan selamat dari stasiun keberangkatan menuju stasiun kedatangan. KAI konsisten membangun kolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api.
Kedepan, KAI akan terus mengembangkan layanan berupa peningkatan kualitas sarana kereta, fasilitas di stasiun, serta pelayanan kepada para pelanggan baik layanan KA Jarak Jauh dan KA Lokal. Tujuannya agar layanan Kereta Api bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bermobilitas.
“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan KAI atas kepercayaannya menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik maupun balik selama libur Nataru tahun ini dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat,” katanya.
Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta anggota komunitas pecinta KA, dan seluruh pihak yang telah mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan angkutan Nataru 2023-2024.
Ning S