Ilustrasi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kudus mengumumkan tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) hasil seleksi Panitia Seleksi, Selasa (2/1). Tiga nama tersebut yakni sesuai urutan rangkin adalah Kepala Bappeda Kudus Revlisianto Subekti, kemudian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofii dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kudus Adhi Sadhono.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kudus Putut Winarno mengatakan dari ketiga nama tersebut, akan diajukan ke Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam hal ini Pj Bupati Kudus untuk dipilih salah satu. Selanjutnya, PPK akan merekomendasikan satu nama yang dipilihnya untuk diajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Jadi PPK nanti akan mengajukan permohonan rekomendasi satu nama yang nantinya diajukan ke KASN untuk bisa ditetapkan menjadi Sekda definitive,”kata Putut.

Menurut Putut, pengajuan rekomendasi tersebut akan dilakukan secepatnya. Sehingga pada pertengahan Februari nanti, diharapkan Sekda definitive bisa segera dilantik.

Sebelumnya diketahui, lowongan jabatan sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diisi enam pelamar. Satu di antaranya berasal dari luar kota.

Lima pelamar diantaranya adalah pejabat di lingkup Pemkab Kudus yakni asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kudus Adi Sadhono, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Eko Hari Djatmiko, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Harso Widodo dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kudus Djatmiko Muhardi Setiyanto dan Penjabat (Pj) Sekda Kudus Revlisianto Subekti.

Sementara satu pejabat dari luar Pemkab Kudus ialah Ali Syofii yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kudus Putut Winarno mengatakan, tiga nama tersebut disaring berdasarkan seleksi pansel beberapa waktu lalu. Mulai dari tes assesment, uji gagasan dan wawancara.

”Jumlah pelamarnya ada enam, kemudian kami lakukan beberapa uji kompetensi dan tersaring tiga nama tersebut dan sudah kami umumkan berdasarkan ranking skor yang diperoleh,” katanya Selasa.

Ali Bustomi