blank
Calon Presiden Ganjar Pranowo melaunching program ‘Gratisin’ bagi pelajar Indonesia, saat berkampanye di Kota Semarang. Foto: Dok/Tim relawan

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo melaunching program ‘Gratisin’, yakni internet gratis, super cepat, dan merata, bagi pelajar Indonesia saat berkampanye di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1/2024).

Nantinya program andalan dari Ganjar-Mahfud tersebut akan diberikan kepada pelajar di sekolah-sekolah seluruh Indonesia guna mendukung kemajuan dunia pendidikan.

“Hari ini saya launching ‘Gratisin!’ internet super cepat, gratis dan merata kepada mereka para pelajar,” kata Ganjar saat launching program ‘Gratisin’ di Borsumy Heritage, Semarang, Jawa Tengah.

Diakui Capres berambut putih ini, internet sudah menjadi kebutuhan dasar terutama pelajar dalam rangka berkomunikasi, belajar, hingga berkreasi. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan olehnya.

“Pelajar akan mendapatkan kemudahan, karena kalau kita tanya kepada keluarga yang kurang mampu, ya membeli kouta itu cukup mahal ya,” tutur Ganjar.

Maka dari itu dirinya bersama Mahfud MD menggagas program ‘Gratisin’ untuk internet gratis, super cepat, dan merata kepada pelajar.

“Dan mereka membutuhkan itu, karena setelah pandemi ada banyak tugas yang mesti diselesaikan dengan menggunakan fasilitas digital, makanya inilah yang mendorong kita untuk membikin internet gratis,” twrang Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menyatakan dalam menggagas program ‘Gratisin’ ini terlebih dahulu dengan pakar. Nantinya, mereka akan diberikan internet dengan kecepatan yang tinggi secara merata.

“Nanti di sekolah-sekolah yang diberikan. Kecepatan setinggi-tingginya,” ucap Ganjar.

Selain internet gratis, Ganjar-Mahfud juga akan menyediakan laptop gratis bagi 53,4 juta siswa di sekolah dan madrasah. “Harapannya agar anak-anak kita bisa belajar, berkembang dan tidak tertinggal dari kemajuan dunia,” pungkasnya.

Ning S