Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah bersama Ketua Bhayangkari Wonogiri (kedua dan kesatu dari kiri), memberikan ucapan selamat dengan jabat tangan, kepada para personel yang menerima kenaikan pangkat.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ini lain dari biasanya. Upacara korps raport kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi bagi 51 personel Polres Wonogiri, Minggu (31/12), digelar di atas (ujung barat) Bendung Induk (Main Dam) Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Korps raport kenaikan pangkat, merupakan wujud penghargaan yang diberikan kepada personel. Yakni kepada mereka yang telah menunjukkan kemampuan dan kinerja yang luar biasa, dalam menjalankan tugas kepolisian.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, upacara korps raport kenaikan pangkat dipimpin langsung Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah. Ini menjadi momentum istimewa yang berlangsung di penghujung Tahun 2023. Ada sebanyak 51 personel Polres yang mendapatkan kenaikan pangkat.

Mereka terdiri atas 2 personel perwira berpangkat  AKP yang naik menjadi Kompol, sebanyak 6 personel berpangkat Iptu naik menjadi AKP,  sebanyak 7 personel berpangkat Ipda menjadi Iptu.

Selanjutnya dua personel dari pangkat Aipda ke Aiptu, 4 anggota berpangkat Bripka menjadi Aipda, delapan personel Brigadir ke Bripka, sebanyak 22 personel berpangkat Briptu ke Brigadir.

Ikut hadir dalam upacara korp raport kenaikan pangkat regular ini, para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, para Kapolsek se jajaran, seluruh anggota serta Pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri.

Reguler

Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, dalam amanatnya, mengatakan, kenaikan pangkat reguler adalah pangkat yang diberikan setingkat lebih tinggi kepada anggota Polri sesuai periode kenaikan pangkat, sebagai penghargaan kepada anggota Polri yang telah memenuhi syarat sesuai ketentuan.

Oleh karena itu, kenaikan pangkat bukanlah suatu hak yang wajib atau harus diterima anggota, melainkan bentuk penghargaan yang diberikan pimpinan kepada anggota Polri, yang telah mendapatkan penilaian baik selama menjalankan tugas dan kewajibannya.

”Selamat kepada seluruh anggota yang hari ini telah naik pangkat setingkat lebih tinggi,” tandas Kapolres. Diingatkan, dengan pangkat baru ini ada tanggung jawab lebih besar yang menanti.

Diingatkan, tugas yang akan dihadapi di masa mendatang semakin berat dan komplek. Tuntutan masyarakat sejak era reformasi sampai sekarang ini, memerlukan keseriusan dalam penanganan, khususnya yang memerlukan pelayanan dan perlindungan hukum, semakin meningkat dan transparan. Masyarakat menuntut kualitas pelayanan Polri, sebagai pelindung dan penegakkan hukum. Masyarakat berharap, terhindar dari segala ancaman dan gangguan terhadap harta benda serta keselamatan jiwanya.

Karena itu, tambah Kapolres, agar senantiasa meningkatkan ke- Taqwa-an terhadap Tuhan Yang Maha Esa, tingkatkan disiplin dan etos kerja. Tingkatkan kemampuan dan keterampilan, serta tingkatkan profesionalisme tugas, guna menyongsong masa depan dan dalam mewujudkan Polri yang Presisi.

Seusai upacara, dirangkai dengan penyiraman air oleh Kapolres. Kepada mereka yang naik pangkat, juga diguyur air memakai semprotan selang dari mobil brandweer (pemadam kebakaran).
Bambang Pur